Manfaat Minyak Zaitun

Minyak Zaitun adalah hasil olahan dari buah zaitun yang mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan baik digunakan secara internal maupun eksternal. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik kecantikan tak sedikit yang memperkenalkan produk hasil olahan buah zaitun.
Kadar lemak yang terdapat pada 100 gram minyak zaitun adalah 100 gram. Meski tinggi lemaknya, minyak zaitun tetap sehat karena hanya 14 persen dari lemak itu berjenis lemak jenuh. Sisanya adalah lemak tak jenuh yang dianggap menyehatkan. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, vitamin K, omega-3 dan omega-6.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
1. Mencegah kanker
Kerusakan sel dapat memicu terjadinya kanker, untuk mencegahnya anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara rutin karena dalam minyak ini terkandung Polyphenol, yakni antioksidan.
Menjaga kesehatan jantung
Untuk menjaga kesehatan jantung anda dapat mengonsumsi minyak zaitun 2 sendok makan perharinya. Kandungan lemak tak jenuh dan antioksidan dalam minyak ini secara tidak langsung akan menjaga kesehatan jantung anda.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL
Apabila kada kolesterol jahat dalam tubuh anda tinggi, anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara rutin guna mengatasinya karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Mencegah osteoporosis
Minyak zaitun dapat membantu penyerapan kalsium sehingga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

4. Tekanan darah tinggi.
Sepertinya minyak zaitun jenis extra virgin bisa membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.
Dapat menurunkan berat badan
Apabila anda ingin menurunkan berat badan, anda dapat mulai mengonsumsi minyak zaitun 1-2 sendok makan setiap harinya. Namun konsumsi minyak ini 2 jam sebelum makan.

5. Merawat kulit
Salah satu tujuan memakai minyak zaitun sebelum beraktivitas adalah mengurangi dampak buruk pada kulit akibat terpapar sinar matahari. Di samping itu kulit akan teras lebih segar, kencang, halus dan lembut.

6. Melembabkan kulit wajah
Apabila kulit wajah anda kering, anda dapat melembabkannya dengan minyak zaitun. Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan kuning telur dan 1 sendok makan madu murni. Setelah semua bahan tercampur rata kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit barulah bilas wajah dengan air hangat.

7. Mengatasi Wajah Berminyak
Gunakan masker yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan bubuk cendana. Kalau bisa lakukan saat wajah terasa lelah, biarkan masker menempel 15 menit lamanya. Terakhir basuh wajah untuk mengangkat masker menggunakan air dingin, keringkan wajah menggunakan tisu atau tepuk-tepuk menggunakan telapak tangan.

8. Mengangkat Kotoran Di Wajah
Gunakanlah minyak zaitun sehabis melawan teriknya matahari. Pertama basuh wajah menggunakan air hangat atau uapkan dengan air yang sedang didihkan, tujuannya agar pori-pori wajah terbuka. Setelah itu oleskan minyak zaitun pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 5 menit. Jika sudah bersihkan wajah menggunakan air hangat, terakhir bilas lagi dengan air dingin agar kotoran yang telah keluar tidak masuk lagi karena pori-pori wajah mengecil.

9. Menunda proses penuaan dini
Pemecahan asam lemak tertentu dapat mempercepat proses penuaan dini. Namun kandungan antioksidan dan Vitamin E dalam minyak zaitun dapat mengatasinya.
Menghilangkan strech mark
Apabila anda mempunyai strech mark, anda dapat menghilangkannya dengan cara mengoleskannya pada strech mark. Apabila dilakukan rutin dua kali dalam seminggu maka hasilnya strech mark anda akan hilang karena minyak zaitun ini dapat membantu meregenerasi kulit.

10. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
Bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan karena berbagai faktor. Nah untuk mengatasinya anda dapat mencoba mengoleskan minyak zaitun pada bibir anda

11. Mengatasi rambut rontok
Apabila anda mengalami kerontokan rambut cobalah mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa, setelah itu balurkan pada rambut anda. Tunggu beberapa saat kemudian bilas rambut sampai bersih dengan air. Minyak zaitun ini dapat menekan hormon DTH penyebab rambut rontok.

Posting Komentar