Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bengkoang merupakan salah satu dari jenis umbi namun memiliki rasa yang berbeda dari umbi yang lain. Bengkoang mengandung air yang cukup banyak yaitu sekitar 80-90% sehingga baik untuk membantu suplai cairan dalam tubuh. Karena kandungan cairannya yang tinggi inilah maka bengkoang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan anda yang sedang berdiet. Bengkoang dapat ditemukan di berbagai tempat, baik asia, eropa, amerika, maupun australia. 
Kandungan gizi yang cukup beragam di dalamnya, antara lain energi, protein, lemak, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, vitamin B1, dan vitamin C. Bahkan dalam penelitian terhadap 100 gr bengkoang mengandung kandungan gizi sebagai berikut Vitamin B1 0,04 mg, Vitamin C 20 mg, Energi 55 kkal, Zat Besi 1 mg, Protein 1,4 gr, Lemak 0,2 gr, Karbohidrat 12,8 gr, Kalsium 15 mg dan Fosfor 18 mg.
Dengan kandungan gizi yang cukup banyak itu, bengkoang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. 

Berikut manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh manusia:
1.    Mengobati Demam
Bengkuang mengandung senyawa kimia yang berkhasiat untuk mendinginkan dan menurunkan demam. Umbi bengkuang dapat dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus dan minum pagi dan sore .
 

2.    Baik untuk Penderita Diabetes Mellitus
Disamping menggunakan obat dokter, bengkuang bisa digunakan untuk membantu mempertahankan kadar gula darah. Serat makanan yang terkandung dalam bengkuang berperan menurunkan kadar gula darah, karena akan diserap pencernaan secara perlahan dan tidak semua diubah menjadi glukosa. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, bengkuang bisa dibuat jus atau diparut kemudian disaring dan diminum setiap pagi dan sore.
 

3.    Mengobati Sariawan
Sariawan mulut merupakan gejala pengikisan kulit mulut pada bagian dinding dalam pipi atau lidah. Penyebab tamanya adalah kekurangan vitamin C, alergi, atau penurunan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C  Bengkuang yang bekerja sebagai antioksidan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Bengkuang bisa diberikan dengan cara dibuat jus dan ditambah dengan madu dan air.
 

4.    Menurunkan Tingkat Kolesterol Darah
Terapi jus bengkuang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dalam darah, hal ini karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang juga berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat membantu pengurangan kadar kolesterol.
 

5.    Mengurangi Produksi Asam Lambung
Ahli Naturopathic menyarankan untuk mengkonsumsi Bengkuang dalam keadaan segar.  Hal ini karena sifat umbi yang dingin dan alkali, sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih .
 

6.    Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C dan beberapa fitonutrien yang ditemukan dalam bengkuang  bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga relatif  bisa terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.
 

7.    Baik Untuk Diet. 
Karbohidrat yang terkandung dalam buah bengkoang terdiri dari sebagian besar serat dan gula dalam jumlah kecil sehingga sangat baik jika dijadikan sebagai camilan saat diet. Kandungan serat yang tinggi akan membuat anda kenyang lebih lama tanpa membuat berat badan anda bertambah.

8.    Mengatasi Maag.

Sakit maag yang disebabkan oleh produksi asam berlebihan pada lambung dapat dicegah dan diobati dengan mengkonsumsi bengkoang. Buah ini mengandung serat dalam kadar tinggi serta air bersifat alkali yang berguna untuk menyerap asam lambung penyebab sakit maag.

9.    Menyehatkan Tulang Dan Gigi. 

Bengkoang juga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kebutuhan akan kalsium dan fosfor dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi bengkoang. Akibat kekurangan fosfor maka anda akan menjadi lemah serta nafsu makan menjadi berkurang
 

10.    Membantu Mengobati Wasir
Serat dalam bengkuang bisa membantu untuk mengatasi wasir. Hal ini karena manfaat serat adalah membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan demikian, wasir akan semakin mudah dan cepat untuk disembuhkan dengan pengobatan. Untuk mengatasi wasir, buat dalam bentuk jus dan minum setiap bangun tidur di pagi hari.
 

Manfaat Untuk Wajah Dan Kulit
1.    Mengurangi Efek Manopause
Bagi wanita yang mengalami menopause biasanya akan mengalami kerutan, keriput dan penuaan kulit. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut maka tubuh membutuhkan fitoestrogen, dan bengkoang mengandung fitoestrogen. Mengkonsumsi fitoestrogen yang cukup dapat membuat kulit anda tetap sehat dan segar.
 

2.    Mencegah Penuaan Dini
Bengkuang memiliki kandungan vitamin C yang beguna sebagai penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit lebih cepat menua. Oleh sebab itu buah ini sangat ampuh untuk mengatasi dan mencegah penuaan dini dengan cara mengonsumsi buah bengkuang secara teratur.
 

3.    Menghilangkan Noda Hitam Dan Flek Pada Wajah
Selain dikonsumsi bengkoang juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Kandungan air yang banyak di dalamnya mampu membuat kulit wajah anda tetap segar serta menghilangkan noda hitam atau flek pada wajah anda. Caranya pun cukup mudah, anda tinggal mengupas bengkoang lalu diparut atau dihaluskan kemudian dibalurkan ke wajah anda.
 

4.    Mencerahkan Kulit
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bengkoang mampu membuat kulit lebih cerah. Hal ini karena bengkoang banyak mengandung vitamin C dan B1 yang saling bekerja sama untuk menjadikan kulit lebih tampak berseri dan juga menyehatkan
Untuk mendapatkan wajah yang cerah berseri dengan bengkuang, Anda cukup memakainya sebagai masker dari parutan buah bengkuang yang segar yang sudah dikupas terlebih dahulu.
 

5.    Membuat Kulit Sehat
Mengkonsumsi bengkoang segar secara langsung atau dengan cara dijus tanpa tambahan gula secara rutin dapat membuat kulit tampak segar bercahaya. Bengkoang  mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin B1 dan vitamin C serta mineral yang baik bagi kesehatan kulit.
 

6.    Mendinginkan Kulit
Bengkoang mengandung air yang cukup tinggi, terdapat pula sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mendinginkan kulit dan meringankan rasa perih serta terbakar saat terpapar sinar matahari. Caranya dengan menggunakan masker dari parutan bengkuang lalu aplikasikan di kulit wajah dan tubuh yang terpapar sinar matahari.  Agar tetap segar dapat disimpan dalam lemari pendingin.
 

Untuk membuat masker bengkoang alami anda hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Berikut ini beberapa langkah cara membuat masker bengkoang untuk wajah.
1.    Siapkan bengkoang, kupas dan cuci sampai bersih
2.    Belah bengkoang menjadi dua bagian
3.    Setelah dibelah kemudian parut bengkoang
4.    Peras parutan bengkoang tersebut dan simpan air perasannya kedalam mangkuk bening
5.    Diamkan air perasan tersebut didalam mangkuk sampai terdapat endapan berwarna putih
6.    Setelah terdapat endapan kemudian buang airnya dan ambil endapannya
 

Cara Menggunakan:
Pertama basuh wajah anda dengan air terlebih dulu agar bersih. Kemudian oleskan endapan bengkoang ke seluruh wajah anda dengan menggunakan kuas masker. Setelah itu diamkan 10-15 menit atau sampai mengering sendiri. Langkah terakhir yakni bilas wajah anda dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin guna menutup pori-pori.

Posting Komentar