Khasiat Dan Manfaat Ginseng

Ginseng merupakan tanaman berkhasiat yang dipergunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Cina .Di Banyak negara Barat pun ginseng telah dimanfaatkan secara luas dikenal karena berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Dalam pengobatan tradisional terutama di Cina, akar tanaman ini dipercaya dapat memperbaiki aliran darah, meningkatkan produksi sel darah merah, serta  membantu pemulihan dari sakit
Ginseng sendiri mengandung berbagai macam senyawa seperti phytosterols, peptides, saponins, asam lemak, polysaccharides, polyacetylenes, mineral dan vitamin yang semuanya itu diperlukan oleh tubuh untuk bisa tetap sehat.
Berikut adalah beberapa manfaat serta khasiat yang bisa ditemui dari ginseng jika dikomsumsi oleh tubuh:
1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Bagi para atlet, ginseng bisa dijadikan suplemen yang sangat berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Ginseng bisa digunakan sebagai alternatif obat yang biasa digunakan oleh para atlet, karena ginseng lebih alami dan tidak menimbulkan efek samping saat dikomsumsi.

2. Meningkatkan Nafsu Makan
Mengonsumsi ginseng secara teratur juga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini sangat cocok dilakukan bagi seseorang yang ingin meningkatkan berat badan.

3. Mengatasi Masalah Pernafasan
Manfaat lain yang bisa didapat jika mengonsumsi ginseng adalah menghindarkan sesorang dari berbagai macam masalah pernafasan seperti asma dan sesak nafas. Bagi para penderita asma, ramuan ginseng dapat dikonsumsi secara rutin untuk mengobatinya.

4. Mengurangi Stres
Tanaman ginseng memiliki salah satu manfaat unggul yakni dapat mengurangi stres. Dengan mengonsumsi ginseng, akan meningkatkan kewaspadaan mental dan dapat merubah mood menjadi lebih baik. Dalam situasi stres, hormon adrenalin akan keluar dan mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan. Ginseng mampu menyeimbangankan hormon adrenalin yang menjadi penyebab masalah kesehatan tersebut.

5. Mengurangi Kelelahan
Selain dapat mengurangi stres, ginseng juga memiliki khasiat dapat mengurangi kelelahan. Ya, kandungan adaptogenik yang terdapat dalam ginsen akan memberikan pengaruh fisiologis dalam diri manusia sehingga dapat mengurangi rasa lelah akibat pekerjaan yang terlalu banyak.

6. Mengobati Diabetes
Bagi para penderita kencing manis atau diabetes, ginseng merupakan salah satu obat herbal yang sangat cocok digunakan, karena kandungan zat yang terdapat dalam tanaman ginseng dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Namun ginseng tidak dianjurkan untuk diminum bersamaan dengan obat penurun gula darah lainnya karena akan menyebabkan kadar gula dalam darah terlalu rendah.

7. Menurunkan Kolesterol
Tanaman ginseng selain baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes, juga baik untuk para penderita kolesterol tinggi. Pasalnya, ginseng mengandung senyawa ginsenocides yang terbukti ampuh dalam melawan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

8. Mencegah dan Mengobati Kanker
Ginseng juga memiliki manfaat dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker atau tumor. Kandungan ginsenocides yang ada pada ginseng dipercaya mampu menekan pertumbuhan sel-sel yang menyebabkan terjadinya kanker. Jadi ramuan tanaman ginseng sangat efektif dikonsumsi untuk menjauhkan sesorang dari penyakit kanker yang mengancam semua orang.

9. Merangsang Sistem Kekebalan Syaraf
Zat yang terdapat dalam tanaman ginseng juga mampu merangsang sistem kekebalan tubuh yang ada dalam diri manusia sehingga seseorang tidak mudah sakit dan tetap awet muda.

10. Mengobati Diare
Bagi penderita diare, ginseng juga efektif digunakan untuk menetralisir masalah pada sistem pencernaan yang menyebabkan terjadinya diare.

11. Mencegah perkembangan kanker
Pertumbuhan beberapa jenis sel kanker dapat dihambat oleh ginseng. Journal Pengobatan Cina melaporkan, ginsenosides memiliki efek anti-tumor dan dapat menyebabkan kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel adenokarsinoma paru-paru dan sel-sel neuroblastoma. Selain itu, ginseng juga bisa bertindak untuk menghambat perkembangan siklus sel, yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

12. Menurunkan kadar kolesterol
Dalam beberapa studi menemukan, bahwa Ginseng menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terkandung dalam ginseng inilah yang bertindak menurunkan kolesterol dalam tubuh.

13. Mengatasi gangguan menstruasi
untuk wanita ginseng juga sangat baik dikonsumsi selain untuk kesehatan tubuh ginseng juga bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti rasa sakit atau kram saat datang bulan, sehingga para wanita tidak perlu takut lagi saat akan menjalani menstruasi.

14. Meningkatkan gairah sex
ginseng sudah terbukti sangat ampuh untuk meningkatkan gairah sexual seseorang, selain itu ginseng juga dapat membantu mengatasi masalah yang biasa dialami oleh pria berkaitan dengan fungsi s..sual dengan meningkatkan lbd dan juga energi.

Manfaat Ginseng Untuk Kecantikan.
Ginseng banyak digunakan dalam perawatan kulit, karena dapat membantu mencegah penuaan dini. Ginseng juga dapat membuat kulit kencang,  karena bahan dalam ginseng dapat meningkatkan produksi kolagen di lapisa kulit tengah(dermis). Kolagen inilah yang membuat kulit menjadi lebih elastis dan kencang,  sehingga kerutan atau garis halus pada wajah atau bagian tubuh lainnya tidak terlihat.
Manfaat lain dari ginseng adalah sebagai toner atau penyegar wajah, ginseng juga dapat membantu mengurangi flek hitam di wajah. Jika Anda membuat masker sendiri dari ginseng, minyak ginseng harus dicampur dengan bahan lain. Misalnya, minyak bunga matahari minyak, madu atau air. Hal ini karena minyak ginseng minyak sangat terkonsentrasi. Masker ginseng memang dapat membantu untuk mencegah penuaan dan keriput,  namun harus digunakan paling banyak 2 kali seminggu.

Khasiat yang baik pada ginseng menjadi rusak jika tidak digunakan dengan baik. cara penggunaan ginseng yang baik berikut ini.
1. Membeli akar ginseng akan menghemat uang Anda dan dapat dikonsumsi dengan banyak cara. Dosis optimalnya 2-3 gram per hari. Bagi Anda yang sudah sering mengkonsumsi ginseng biasanya sudah tahu jumlah takaran dan berapa kali pemakaian. Tapi bagi Anda yang masih baru, ginseng sebaiknya dikonsumsi setiap hari atau 3 kali seminggu, begitulah saran dari herbalis.

2. Irisan akar ginseng bisa dibuat teh. Caranya adalah dengan memasaknya dengan pelan di panci teh yang terbuat dari perak atau gelas selama 1jam.

3. Anda dapat membuat bubuk ginseng dengan penumbuk lalu bubuk ginseng ini bisa digunakan dalam makanan. Atau letakkan bubuk ginseng di bawah lidah agar ginsenocides dapat diserap langsung ke dalam aliran darah.

4. Yang terakhir adalah dengan mengunyah akar kering ginseng seperti memakan permen yang keras. Untuk membuatnya lebih empuk, Anda bisa merebusnya dengan cepat selama 5 menit dalam air mendidih.
Sekarang Anda tinggal memilih cara mana yang lebih cocok pada Anda, namun tetap harus sesuai kebutuhan dan dosisnya.

Posting Komentar