Manfaaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan penyakit asma
Asma merupakan jenis penyakit yang sangat merepotkan, walaupun bukan merupakan jenis penyakit yang sifatnya kronis, seperti diabetes dan jantung. Asma sendiri akan menimbulkan efek dan gejala yang sangat mengganggu aktivitas. Yang dapat anda lakukan untuk mengobati gejala asma tersebut adalah dengan cara siapkan 4 – 5 lembar daun sirih kemudian rebus daun sirih tersebut dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air saja. Setelah itu baru anda bisa meminum hasil rebusan tersebut. Harus diminum secara rutin, kira – kira 2 – 3 kali dalam sehari, baik ketika gejala asma muncul, maupun tidak.

2. Mengobati sakit dan iritasi pada mata
Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling sering dan paling rentan terkena infeksi dan peradangan. Hal ini disebabkan karena mata sering terbuka dan banyak allergen serta polutan yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, yang membuat mata menjadi gatal, berwarna merah dan terasa perih dan sakit. Cara yang dapat dilakukan oleh daun sirih agar dapat mengobati iritasi dan rasa sakit pada mata. Siapkan  1 – 2 lembar daun sirih kemudian rebus daun sirih hingga mendidih dengan ½ – 1 gelas air, Tunggu hingga airnya terasa dingin dan sudah tidak panas, setelah itu teteskan hasil rebusan daun siri ke mata, atau anda juga dapat menggunakan air rebusan sirih untuk mengompres mata anda.

3. Menyembuhkan radang tenggorokan
Nah, anda dapat membuat rebusan dari daun sirih, dengan cara yang sama persis dengan pengobatan asma, namun minumlah air rebusan tersebut hanya ketika merasakan sakit tenggorokan saja. Air rebusan dari daun sirih dapat melegakan tenggorokan anda dan menghilangkan gejala sakit tenggorokan, seperti :

4. Menghilangkan bau mulut
Salah satu manfaat lain dari rebusan daun sirih adalah dapat menghilangkan bau mulut. Terkadang bau mulut, terutama setelah mengkonsumsi makanan yang menimbulkan bau mulut, sangatlah mengganggu. Maka dari itu, anda dapat mencoba menggunakan rebusan dari daun sirih untuk menghlangkan bau mulut anda. langkah- langkah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut dengan menggunakan daun sirih. Ambillah 3 – 4 lembar daun sirih kemudian rebus daun sirih tersebut hingga mendidih, tunggu dan diamkan hingga rebusan menjadi dingin dan tidak panas, setelah itu barulah berkumur dengan air rebusan daun sirih tersebut, terutama setelah makan dan setelah sikat gigi.

5. Mengobati sariawan dan sakit gusi
Sebenarnya untuk mengobati sariawan dan sakit pada gusi, anda dapat mengunyah daun sirih tersebut secara langsung. Namun apabila anda merasa jijik dengan daun sirih yang dikunyah langsung, maka anda dapat mencoba alternative lain, yaitu dengan berkumur dengan menggunakan rebusan dari daun sirih.
Langkah – langkahnya sama seperti cara nomor 5, berkumurlah ketika anda merasakan sariawan, karena daun sirih memiliki kandungan vitamin yang dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

6. Membersihkan rongga mulut dari kuman
Manfaat ini sama seperti manfaat dari rebusan daun sirih yang mampu menyegarkan dan menghilangkan bau mulut. Anda dapat membuat rebusan daun sirih sama seperti cara nomor 5, lalu berkumurlah dengan menggunakan rebusan daun sirih tersebut setelah makan dan sikat gigi.

7. Melancarkan haid
Bagi anda para wanita yang sering mengalami masalah ketika haid atau menstruasi, dan anda tidak suka dengan jamu – jamu yang katana dapat melancarkan haid, anda dapat mencoba mengkonsumsi rebusan dari daun sirih. Hal ini tertbukti, karena produk obat – obatan yang ada di pasaran juga mengandung ekstark sirih. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan sediakan 3 – 5 lembar daun sirih, rebus daun sirih hingga mendidih, tunggu dan diamkan hingga tidak terlalu panas, lalu minum selama masa haid atau masa menstruasi.

8. Keputihan
Keputihan merupakan hal yang paling tidak mengenakan bagi wanita, jadi jika anda mengalaminya maka daun sirih bisa memberikan solusinya. Dengan cara cuci bersih 10 helai daun sirih segar, kemudian rebus ke dalam dua setengah liter air matang. tunggu mendidih dan biarkan suhu menjadi hangat (tidak terlalu panas). Setelah itu gunakan air untuk membersihkan daerah kewanitaan (organ intim wanita) secara berkala.

9. Mengobati demam berdarah
Hasil rebusan dari daun sirih juga diyakini dapat membantu dan mempercepat penyembuhan dari demam berdarah. langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan rebusan daun sirih sebagai obat demam berdarah. Siapkan 5 – 6 lembar daun sirih, kemudian rebus daun sirih dengan menggunakan 2 gelas air, tunggu hingga mendidih dan hanya menyisakan satu gelas air saja. Minumlah hasil rebusan tersebut secara rutin, kira – kira 2 kali dalam sehari.

10. Menghilangkan Gatal
Anda bisa membalurkan daun sirih yang sudah dilumatkan pada permukaan kulit yang terasa gatal, kemudian balut dengan lap atau kain bersih yang sudah dibasahi air hangat sampai rasa gatal mereda.

11. Mengobati Mimisan
Ketika anda mimisan jangan panik dan segera cari obat tradisional seperti daun sirih, anda bisa langsung melintir daun sirih untuk menyumbat lubang hidung yang mengeluarkan darah. karena daun sirih dapat mencegah pengeluaran darah yang banyak dari mimisan tersebut

12. Mengobati Koreng
Siapkan 20 lembar daun sirih Anda rebus hingga air mendidih. Kemudian gunakan air hasil merebus daun untuk dibasuhkan pada kulit yang koreng. Obat ini juga cocok untuk menghilangkan rasa gatal di sekitar koreng.

13. Mengobati Bisul
Tumbuk 10 lembar daun sirih sampai benar-benar halus. Kemudian gunakan dengan cara membalurkannya pada kulit yang terdapat bisul. balut menggunakan kain dengan erat, biarkan hingga mengering. Jika sudah, lepas balutan dan balurkan dengan bahan baru.

14. Mengatasi Bau Ketiak
Sediakan sekitar 30 lembar daun sirih, masukkan dalam wadah seperti baskom. tuangkan air secukupnya, lalu rebus hingga mendidih. tambahkan sedikit air dingin, atau Anda bisa menunggu hingga air tidak terlalu panas.Gunakan air untuk mandi, jangan lupa basuh kedua kulit ketiak secara berulang. Lakukan terus sampai bau ketiak hilang.

15. Menghilangkan Luka Bakar
Bersihkan 5 helai daun sirih, peras sampai keluar airnya. Lalu gunakan sari atau air perasan tadi untuk mengoleskan kulit yang terkena luka bakar. Sebelumnya pastikan Anda mencampur dengan sedikit madu hutan asli.

16. Menghilangkan Jerawat
Siapkan daun sirih secukupnya, kemudian bersihkan dan tumbuk hingga halus, kemudian seduh ke dalam satu gelas air panas. Aduk dan tunggu air menjadi hangat. Gunakan untuk membasuh muka. Lakukan terus sehari dua kali sampai jerawat hilang, jika belum cobalah alternatif lain yang lebih efektif.

17. Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak
Ambil segenggam daun sirih yang masih segar, cuci bersih semua lembaran daun. rebus dalam dua gelas air, tambahkan pula potongan jahe agar memberikan rasa sedikit pedas. Dan unggu hingga air tersisa satu gelas, barulah minum satu hari sekali.



Posting Komentar