Manfaat Biji Bunga Matahari bagi Kesehatan

Biji bunga matahari adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Dan hingga saat ini ada beberapa negara-negara yang menjadi produsen dari tanaman ini, seperti Argentina, Amerika Serikat, Cina dan juga Rusia. Biji bunga matahari atau yang lebih sering disebut dengan kuaci merupakan salah satu camilan yang menyehatkan. Camilan ini dapat kita jumpai di pasar tradisional ataupun supermarket dengan harga yang sangat terjangkau.
 
Kandungan Nutrisi dan Gizi:
Hampir 90%  lemak dari biji bunga matahari adalah lemak yang baik, atau lemak tak jenuh. Biji bunga matahari juga mengandung lemak monosaturated,  yang membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, biji bunga matahari mengandung vitamin E dan Vitamin B 1 (Thiamin). Mangan, magnesium, tembaga, selenium, fosfor, vitamin B 3 (niacin), vitamin B5 (Pantothenic) dan folat juga dapat ditemukan dalam jumlah yang baik dalam biji bunga matahari.


Manfaat Biji Bunga Matahari: 
  • Pencegahan Kanker
Biji bunga matahari merupakan sumber selenium. Studi menunjukkan korelasi yang kuat antara asupan selenium rendah dan kanker. Selenium telah ditunjukkan akan menginduksi perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak, untuk menghambat proliferasi sel penyebab kanker, dan menginduksi apoptosis kanker. Mekanisme self-destruktif digunakan tubuh untuk menyingkirkan sel yang rusak atau abnormal.
Selain itu, selenium di situs aktif protein, termasuk glutation peroksidase, yang sangat penting untuk perlindungan terhadap kanker. Salah satu enzim antioksidan terkuat tubuh, glutathione peroxidase digunakan oleh hati untuk detoksifikasi molekul besar yang berbahaya. Seperempat cangkir biji bunga matahari menyediakan lebih dari tiga puluh persen dari total nilai harian untuk selenium. Vitamin E dalam biji bunga matahari juga telah terbukti mengurangi risiko kanker usus besar, kanker kandung kemih, dan kanker prostat.
  • Kesehatan Jantung
Bunga Matahari merupakan sumber vitamin E, yang memainkan peran yang sangat penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Vitamin E adalah antioksidan yang akan membantu mencegah efek radikal bebas yang dihasilkan dari oksidasi kolesterol. Hanya ketika teroksidasi, kolesterol dapat menempel pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis, yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri, serangan jantung, atau stroke. Kita bisa mendapatkan lebih dari sembilan puluh persen dari nilai harian untuk vitamin E hanya dalam seperempat cangkir biji bunga matahari.
  • Anti Inflamasi
Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E yang larut dalam lemak. Vitamin E akan beredar ke seluruh tubuh untuk menetralkan radikal bebas, yang kalau tidak lemak ini akan merusak lemak yang mengandung struktur dan molekul, seperti membran sel, sel-sel otak, dan kolesterol. Dengan melindungi komponen seluler dan molekuler, vitamin E memiliki efek anti inflamasi yang akan melakukan pengurangan gejala asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.
  • Menenangkan Saraf, Otot, Dan Pembuluh Darah
Kandungan magnesium dalam biji bunga matahari memiliki peran untuk mengimbangi kalsium, sehingga sangat membantu dalam mengatur saraf dan otot. Magnesium dapat membuat saraf seperti pembuluh darah dan otot bekerja normal. Asupan magnesium yang cukup dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, kejang otot (termasuk kejang otot jantung atau kejang saluran udara akibat gejala asma), migrain, kram otot (seperti ketegangan, nyeri dan kelelahan).
  • Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah
Biji bunga matahari banyak mengandung senyawa poli-fenol seperti asam chlorogenic, asam quinic, dan asam caffeic yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa ini berfungsi sebagai  anti-oksidan alami yang dapat membantu menghilangkan molekul oksidan berbahaya dari tubuh. Asam klorogenat  dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan membatasi pemecahan glikogen dalam hati.
  • Mengurangi Depresi
Kandungan Niacin dan pyridoxine dalam biji bunga matahari selain mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga mampu meningkatkan aktivitas GABA (Gamma-aminobutyric Acid) dalam otak, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi kecemasan dan neurosis
  • Untuk Kesehatan Otak
Biji bunga matahari memiliki kandungan folat yang sangat baik, folat merupakan nutrisi baik bagi otak, sehingga menjaga kesehatan otak dan membantu fungsi otak.
  • Kesehatan Tulang
Biji bunga matahari kaya akan magnesium dan kalsium. Kalsium diperlukan untuk tulang yang kuat, dan magnesium juga sangat berperan untuk membantu hal ini. Sebagian besar kebutuhan tubuh manusia akan magnesium adalah untuk memenuhi kebutuhan sektor tulang.
Kekurangan magnesium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, ketegangan otot, sakit kepala migrain, dan kelelahan. Tidak mengherankan, penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium membantu mengurangi frekuensi serangan migrain, menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung. Biji bunga matahari juga mengandung tryptophan, yaitu asam amino yang membantu menghasilkan serotonin, suatu neurotransmitter penting. Serotonin mengurangi ketegangan, menenangkan otak dan mempromosikan relaksasi otak.
  • Perlindungan Kulit
Vitamin E kadang-kadang digambarkan sebagai “penangkal petir” dari sel, yang memungkinkan untuk menangkal molekul reaktif  yang menyerang sel, sehingga tak menyebabkan kerusakan. Fungsi vitamin E sangat jelas untuk kulit, karena vitamin E secara langsung melindungi kulit dari radiasi ultraviolet.
  • Untuk Kesehatan Rambut
Dari 100 gram biji bunga matahari mengandung 5,25 mg zat besi (63% kebutuhan harian) dan 5 mg seng (45% kebutuhan harian). Ini sangat penting untuk menjaga kesuburan rambut.





Posting Komentar