Keunggulan Daging Sapi Bagi Tubuh

Sapi merupakan hewan ternak penghasil susu dan daging yang sangat dibutuhkan bagi manusia. Selain karena rasanya yang enak, daging sapi merupakan daging yang mudah dijumpai hampir diseluruh dunia. Daging sapi memiliki ciri-ciri berwarna lebih merah, memiliki bau khas sapi dan memiliki serat daging yang lebih halus jika dibandingkan dengan daging kambing. Daging sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan masakan seperti dendeng sapi, steak, sosis sapi dan lain sebagainya.
Daging sapi mempunyai kandungan protein paling tinggi jika dibanding dengan daging hewan lainnya. Setiap 100 gram daging sapi mengandung kalori 207 kkcl, protein 18,8 gram, lemak 14,0 gram, calcium 11 mg, phosphor 170 mg dan besi 2,8 mg.

Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh:
1. Sumber Protein
Kandungan gizi dalam daging sapi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia salah satunya adalah protein. Sumber protein hewani yang terkandung dalam daging sapi sangatlah besar, melebihi protein yang terdapat di dalam daging kambing, telur, maupun kacang-kacangan. Fungsi utama dari protein adalah membantu tubuh manusia untuk membentuk otot sehingga menambah masa otot. Dengan bertambahnya masa otot, maka berat bedan kita pun akan mudah untuk bertambah. Selain itu, protein ini juga sangat penting dalam membantu masa pertumbuhan di usia anak-anak.

2. Vitamin B kompleks
Vitamin B kompleks juga terdapat banyak pada daging sapi. Vitamin B komplek berperan untuk menjaga konsentrasi dan memelihara daya ingat. Sehingga jika rutin di konsumsi, manfaat daging sapi akan sangat berperan bagi prestasi anak di sekolah.

3. Selenium dan Zinc
Manfaat daging sapi yang lain adalah sebagai sumber selenium dan zinc. Selenium berfungsi membantu tubuh manusia untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuhnya. Sama seperti zat besi, fungsi selenium yang juga dapat meningkatkan sistem imun. Zat lain yang juga berperan meningkatkan kekebalan tubuh adalah zinc. Zinc selain menjaga sistem imun juga berperan untuk memproduksi sperma pria agar tetap baik dan tetap berprodukfitas tinggi.

4. Sumber Zat Besi
Manfaat daging sapi yang lain adalah sebagai sumber zat besi. Zat besi yang terdapat dalam daging sapi sangatlah tinggi. Kandungan zat besi dalam daging sapi bermanfaat untuk menghindarkan kita dari anemia. Memang sudah bukan rahasia umum lagi jika manfaat daging sapi adalah untuk penamah sel darah merah. Jadi sudah lazim bagi para penderita anemia untuk memperbanyak konsumsi daging sapi sebagai obatnya
Fungsi lain dari zat besi bagi tubuh manusia adalah meningkatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Selain itu zat besi juga memberikan nutrisi bagi pertumbuhan anah dan bisa menambah semangat belajar. Kandungan zat besi terdapat juga pada kacang merah dan wortel. Namun kandungan zat besi yang terdapat pada daging sapi jauh lebih besar.

5. Omega 3
Selain terkandung pada ikan, omega 3 juga banyak terdapat pada daging sapi. Omega 3 berfungsi untuk memelihara sistem saraf pusat/otak, menjaga fungsi hati dan menjaga jantung.Maka tak heran jika mereka yang gemar mengkonsumsi daging sapi akan memiliki jantung yang lebih sehat.

6. Lemak
Sama seperti daging pada umumnya, daging sapi juga tidakbisa terlepas dari lemak yang dikandungnya. Fungsi lemak adalah untuk meningkatkan energi dan sumber tenaga bagi tubuh. Maka tak heran jika setelah mengkonsumsi daging sapi tubuh akan terasa hangat dan lebih bertenaga.

Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan:
  • Menjaga daya ingat
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah anemia
  • Meningkatkan trombosit/sel darah merah
  • Mencegah stroke dan serangan jantung
  • Menjaga kesehatan hati
  • Membantu pertumbuhan otot
  • Sebagai sumber energi yang besar
  • Mencegah obesitas dan diabetes
  • Mengatur dan menambah berat badan
Tips Memilih Daging Sapi Yang Masih:
  • Dari Warna Daging Sapi
Ciri fisik daging sapi yang masih segar selalu berwarna merah. Jadi jangan sekali-kali memilih daging yang sudah tidak berwarna merah. Bisa jadi daging ini sudah tidak layak dikonsumsi.
  • Dari Tekstur Daging sapi
Tekstur daging yang masih segar terasa masih kenyal. Tekanlah sedikit bagian daging untuk mengetahui teksturnya. Jika tekstur daging kembali seperti semula setelah ditekan, atau kenyal, berarti daging masih segar.
  • Dari Cairan Dalam Daging
Ketika membeli daging, Anda pasti melihat cairan berwarna merah mirip darah mengalir keluar dari daging. Cairan ini bukanlah darah, melainkan jus atau sari dari daging tersebut. Di supermarket Anda pasti sering menemui hal ini, namun sebisa mungkin jangan pilih daging dalam kemasan styrofoam berbungkus plastik wrap yang menampakkan cairan tersebut.
  • Terakhir Hindari Membeli Daging Beku
Membekukan daging bertujuan untuk mempertahankan keawetan daging. Mungkin saja daging ini awet, namun sebenarnya sudah tidak segar lagi. Ketika terpaksa membeli daging

Posting Komentar