Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Putih telur merupakan cairan berwarna putih atau albumen yang terkandung pada telur. Putih telur terdapat didalam telur yang telah dibuahi ataupun belum dibuahi. Cairan putih telur mengandung 10% protein terlarut dalam air. Fungsi dari putih telur adalah untuk melindungi kuning telur dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh embrio karena putih telur banyak mengandung protein dan juga rendah lemak. Oleh karena itu, banyak manfaat putih telur yang didapat untuk kesehatan tubuh.




Kandungan dan Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan Tubuh.
  • Bebas Kolesterol
Kolesterol di dalam telur hanya ditemukan dalam kuning telur, putih telur bebas kolesterol. Jadi, jika anda memiliki masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi, putih telur adalah pilihan yang sehat. Namun hanya makan putih telur, memastikan bahwa darah tidak menyerap kelebihan kolesterol. Hanya dengan memakan putih telur akan memastikan asupan kalori yang cukup namun tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.
  • Bebas Lemak
Konsumsi makanan yang terlalu banyak lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung. USDA melaporkan bahwa putih telur bebas dari lemak, termasuk lemak jenuh, yang ada dalam telur utuh. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi seperti manfaat daging sapi atau produk susu yang penuh lemak jenuh, dapat menggantinya dengan protein putih telur yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Kandungan mineral
Seperti Magnesium, Kalsium, Kalium, Fosfor, Potasium, seng dan zat besi yang terdapat pada putih telur dapat menghasilkan asam amino untuk pembentukan otot. Selain itu, dapat memperkuat tulang dan gigi serta mencegah pengeroposan tulang karena kandungan kalsiumnya. Kandungan zat besi nya berfungsi sebagai penambah darah.
  • Asam folat dan selenium
Asam folatnya dapat membantu perkembangan otak janin, maka ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi putih telur dengan cara direbus. Sedangkan selenium yang ada pada putih telur berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan mata dan kulit.
  • Protein tinggi
Telur merupakan sumber protein hewani yang baik, yang lebih baik dari daging tanpa lemak, unggas dan ikan. Lebih dari setengah protein pada telur, pada kenyataannya berasal dari putih telur. Putih telur tunggal menyuguhkan 4 g protein tanpa lemak, kecuali apabila dimasak dengan cara digoreng dengan minyak berminyak atau mentega. Tidak hanya manfaat buah-buahan sehat yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung, namun juga didapat dari sumber protein rendah lemak seperti putih telur
  • Membentuk Otot
Kandungan protein dalam putih telur sangat penting untuk membentuk otot terlebih ketika anda sedang fitness. Ia akan menjadikan masa otot lebih mudah terbentuk.
  • Sumber Tenaga
Anda pernah fitness / bekerja berat dan mengkonsumsi putih telur mentah sebelumya ? nah, anda akan mengalami peningkatan energi yang sangat luar biasa, kandungan protein akan membantu menaikkan energi tubuh anda

Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan Rambut











  • Protein pada putih telur sebagai pelembab rambut, membuat rambut tidak mudah kering dan rapuh.
  • Dapat menyuburkan rambut karena protein yang terkandung dalam putih telur memberi nutrisi pada akar rambut, sehingga rambut akan tumbuh subur dan indah.
  • Putih telur bermanfaat untuk melapisi rambut. Protein pada putih telur yang mengandung keratin akan melapisi batang rambut jika dioleskan ke kulit kepala dan rambut. Putih telur tersebut akan meresap dan nantinya akan melapisi batang rambut.
  • Manfaat putih telur selanjutnya adalah mencegah kebotakan. Protein yang terkandung dalam putih telur akan menutrisi akar rambut, sehingga akar rambut menjadi lebih kuat yang akan mencegah kerontokan rambut.
  • Manfaat putih telur untuk kesehatan rambut adalah menjaga kelembaban rambut. Didalam protein, terkandung senyawa asam amino yang dibutuhkan rambut. Dengan terjaganya kelembaban rambut, rambut akan tumbuh dengan cepat dan lebat. Selain itu, rambut pun tidak mudah patah dan rontok.
Cara menggunakan putih telur untuk menjaga kesehatan rambut hanya dengan memisahkan putih telur dan kuning telurnya. Kemudian kocok putih telur hingga rata dan gunakan kuas untuk mengoleskan putih telur tersebut ke kulit kepala dan rambut. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga meresap. Bilas dengan air hingga bersih. Jika cara ini dilakukan secara rutin, maka akan didapatkan hasil yang maksimal.
 

Manfaat Putih Telur Untuk Kecantikan Kulit Wajah

  • Putih telur dapat mengencangkan wajah
  • Dapat mengecilkan pori-pori wajah yang membesar.
  • Dapat menghilangkan jerawat
  • Dapat mengatasi kulit berminyak karena proteinnya
  • Komedo yang terdapat pada wajah dapat diatasi.
  • Dapat mencegah keriputan pada wajah
  • Manfaat terakhir adalah menyamarkan noda hitam akibat jerawat.


Untuk merasakan manfaat putih telur untuk kulit wajah, dapat digunakan sebagai masker dengan mencampurkannya dengan madu atau perasan air jeruk lemon dan dioleskan ke wajah. Penggunaan secara rutin dapat menghasilkan kulit wajah yang lebih indah maksimal. Namun, putih telur yang digunakan sebaiknya putih telur ayam kampung karena pakan ayam kampung lebih alami, sehingga khasiatnya pun lebih tinggi.

Posting Komentar