Manfaat Cumi-cumi Untuk Kesehatan

Cumi-cumi tersebut sering kita jumpai diolah menjadi makanan yang cukup enak dinikmati, diantaranya seperti cumi-cumi bakar, cumi-cumi goreng tepung, cumi-cumi saus tiram, cumi-cumi asam manis, dan tentu banyak lagi menu-menu olahan yang nantinya pasti akan dikembangkan lagi oleh kreasi kuliner manusia. Kementrian kesehatan mempublikasikan bahwa seluruh bagian dari tubuh cumi-cumi bisa dikonsumsi. Cumi-Cumi adalah bahan makanan laut yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

Cumi-Cumi mengandung energi sebesar 75 kilokalori, protein 16,1 gram, karbohidrat 0,1 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 32 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 1,8 miligram.  Selain itu di dalam Cumi-Cumi juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Cumi-Cumi, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.


Manfaat Dari Cumi-cimi:
1. Mengobati Penyakit Kanker
Para peneliti akhir-akhor ini mengungkapkan bahwa cumi-cumi dapat melawan kanker. Para ilmuwan menggunakan tinta dari cumi-cumi. Mereka menduga zat tersebut aktif dan bekerja dengan mengaktifkan sel darah putih, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh di daerah sel tumor. Tinta cumi juga diketahui mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

2. Dapat Menurunkan Kandungan Kolesterol
Kadar lemak pada daging cumi relatif rendah, yaitu 7,5 g/100 g bahan, masing-masing terdiri 1,9 g asam lemak jenuh; 2,7 g asam lemak tidak jenuh tunggal; serta 2,1 g asam lemak tidak jenuh ganda. Termasuk ke dalam asam lemak tidak jenuh ganda adalah omega 3 yang dapat menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.

3. Kesehatan Bagi Jantung
Para ahli mengungkapkan, cumi-cumi merupakan sumber makanan laut yang kaya akan protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Kandungan tembaga pada cumi baik untuk penyerapan tubuh, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembentukan sel darah merah. Namun sebaiknya hindari konsumsi cumi dengan cara digoreng.

4. Pertumbuhan Kerangka Tulang
Cumi-cumi mengandung mineral mikro dan makro cukup tinggi. Mineral yang terdapat pada cumi-cumi merupakan natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium. Mineral-mineral tersebut berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang. Hal ini sangat penting apalagi bagi anak-anak untuk menghindari oateoporosis di masa tua. Selain itu cumi-cumi juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin B1, B2, B12, serta vitamin larut lemak.

5. Menghilangkan Bekas Cacar
Bekas luka atau cacar sangat mengganggu penampilan terutama bagi seorang wanita. Untuk menghilangkannya Anda dapat menggunakan cumi-cumi yang sudah dijemur hingga kering di bawah terik matahari kemudian bersihkan. Setelah bersih tumbuklah sampai halus kemudian diayak. Setelah itu hasil ayakan dapat Anda gunakan sebagai obat bekas cacar. Agar hasilnya maksimal Anda harus rutin melakukannya.

6. Pembentukan Sel Darah Merah
Cumi-cumi juga kaya akan Omega-3, protein, vitamin B, iodium dan berbagai mineral. Kandungan tembaga pada cumi-cumi baik untuk pembentukan sel darah merah.

7. Mengoptimalkan Sel Darah Putih
Hewan biasanya memiliki cara untuk melindungi diri dari serangan musuh. Begitu juga dengan cumi-cumi, yang dilakukannya adalah dengan mengeluarkan tinta dari tubuhnya. Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan ada zat khusus dalam tinta tersebut yang menjadikannya istimewa. Setelah diuji tinta cumi-cumi turut mengaktifkan sel darah putih yang baik untuk memberantas kuman-kuman atau bibit penyakit dalam tubuh manusia.

8. Menambah Nafsu Makan
Anda punya masalah terhadap nafsu makan, atau mungkin anak-anak anda yang sulit makan? Hasil studi oleh Amerika Reseacrh mengklaim bahwa kandungan vitamin dalam cumi-cumi memiliki pengaruh untuk meningkatkan nafsu makan yang sehat.

Posting Komentar