Manfaat Kemiri untuk Kesehatan dan Rambut

Kemiri memiliki nama latin Aleurites moluccana merupakan tanaman dengan biji buah yang mengandung minyak. Kemiri termasuk dalam jenis rempah-rempah yang sering dijadikan bumbu masak. Banyak masakan yang menggunakan kemiri sebagai bumbunya, diantaranya opor, semur dan sebagainya. Namun, selain dijadikan sebagai bumbu masak, ternyata kemiri juga beguna bagi kesehatan, bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional bahkan perawatan kecantikan rambut.Selain bermanfaat untuk rambut, kemiri juga berkhasiat untuk kesehatan. Terutama untuk pengobatan tradisional. Beberapa penyakit yang bisa diatasi oleh ramuan kemiri diantaranya wasir, disentri, diare, sembelit dan demam.
Kandungan Dalam Kemiri:
Energi Kemiri = 636 kkal
Protein Kemiri = 19 gr
Lemak Kemiri = 63 gr
Karbohidrat Kemiri = 8 gr
Kalsium Kemiri = 80 mg
Fosfor Kemiri = 200 mg
Zat Besi Kemiri = 2 mg
Vitamin A Kemiri = 0 IU
Vitamin B1 Kemiri = 0,06 mg
Vitamin C Kemiri = 0 mg.

1. Mengobati Demam
Minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai obat demam. Karena kemiri memiliki zat dan nutrisi maupun vitamin yang mampu menurunkan demam. Dengan beberapa tahapan untuk membuat obat alternatif ini, siapkan minyak kemiri secukupnya, tambahkan 15 gr akar pulutan, kemudian direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Selanjutnya bisa diminum ramuan tersebut saat masih hangat. Dan ada baiknya lakukan pengobatan ini secara teratur.

2. Atasi Buang Air Besar Berdarah
Pendarahan yang terjadi saat buang air besar bisa disebabkan banyak faktor. Diantaranya kekurangan serat hingga tinja yang keluar kering dan keras yang menyebabkan luka pada dinding anus. Anda bisa menggunakan kulit batang pohon kemiri untuk mengatasinya. Cara penggunaannya siapkan 20 gram kulit batang kemiri, kemudian rebus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, setelah itu saring dan airnya diminum hangat-hangat.

3. Mengobati Sakit Perut, Disentri, Diare
Kulit batang kemiri juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah perut seperti diare atau disentri. Caranya sebagai ambil 10 gram kulit batang kemiri, kemudian rebus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum hangat-hangat.

4. Mengatasi Sembelit
Sembelit atau susah buang air besar merupakan indikasi saluran pencernaan tidak lancar. cobalah gunakan ramuan kemiri. Siapkan sebuah kemiri, 2 siung bawah merah, 30 gr daun urang aring, 10 gr kayu manis, 5 gr pulosari, ditambah 6 gr adas, setengah sendok teh garam, haluskan, kemudian direbus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc, setelah itu saring dan airnya diminum 2 kali sehari

5. Manfaat Kemiri untuk Rambut
Bicara soal manfaat, kemiri memang tepat jika dijadikan bahan alami untuk menyehatkan rambut. Berikut beberapa khasiat kemiri untuk rambut yang menjadikannya banyak diminati warga.

6. Memberikan Warna Hitam Alami pada Rambut
Di salon Anda bisa menghitamkan rambut, tetapi efek sampingnya masih belum diketahui. Selain itu memilih untuk memberikan warna hitam pekat pada rambut di salon jauh mengikis dompet, maka dari itu tidak ada salahnya Anda memanfaatkan kemiri.

7. Manfaat Kemiri Mengatasi Kerontokan Rambut
Tiap hari rambut akan mengalami kerontokan, jumlah wajarnya kisaran 7 – 10 helai. Jika melebihi angka tersebut menandakan Anda mengalami masalah dengan rambut rontok. Kemiri bersedia membantu Anda, cukup mengoleskan minyak kemiri hingga akar rambut secara menyeluruh dapat memperkuat rambut dan menghindarinya dari masalah kerontokan.

8. Manfaat Kemiri Mempercepat Laju Tumbuh Rambut
Pertumbuhan rambut tidak bisa dipastikan kapan waktunya, Anda hanya perlu sabar dan rutin menjalani langkah yang diharuskan. Sebetulnya masalah pertumbuhan rambut (kesuburan) tergantung pada hormon dan keturunan. Tetapi tidak ada salahnya Anda memaksimalkan dengan memanfaatkan kemiri agar rambut cepat tumbuh dan panjang.

9. Manfaat Kemiri Menebalkan Rambut
Tepis masalah rambut tipis dengan memberkan nutrisi atau vitamin untuk rambut. Tak melulu vitamin yang harus beli, Anda bisa mengolah kemiri untuk membuat rambut lebih tebal.
Manfaat Kemiri Mengatasi Rambut Beruban
Wajar jika tumbuh uban (rambut putih) saat memasuki usia 50 tahun ke atas. Tetapi apabila masih muda sudah ditumbuhi uban, Anda perlu menanganinya. Cukup rajin mengoleskan minyak kemiri pada pagi sehabis bangun dan malam hari menjelang tidur dapat mengatasi masalah rambut beruban dengan efektif.
  • CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI
1.  Haluskan buah kemiri yang sudah dicuci dlu,bisa dengan memakai blender agar mudah dan cepat/ditumbuk.
2. Bila proses ditumbuk,Setelah halus Campurkan air pertama 1 gelas lalu saring,kemudian masukan 1 gelas lagi kedalam ampas kemiri tadi dan saring lagi,agar kemri halus bisa benar2 tersaring
3. Bila memakai blender campurkan kemiri dan 1 glas air lalu blendr kemudian peras saripatinya,lalu masukan air yg 1gelas lg campurkan keampas kemiri tadi,dan saring kembali.
- Gunakan kain agar saripati kemiri bisa benar2 diperas dari ampasnya.
- Siapkan wajan dan masak hasil perasan kemiri tadi.
- Aduk-aduk terus dan masak sampai air
menguap dan hanya tertinggal minyak kemirinya.(prosesnya sama seperti membuat minyak VCO/MINYAK KELAPA MURNI)
- Dinginkan dan saring minyak kemiri kemudian simpan dalam botol untuk pemakaian
rutin setiap hari.

Posting Komentar