Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Tubuh

Air kelapa muda memiliki rasa yang manis dan segar karena kandungan glukosanya sehingga manfaat air kelapa muda yang pertama adalah sebagai sumber tenaga. Selain itu, di dalam air kelapa muda terkandung banyak protein yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Masih banyak lagi kandungan yang baik di dalam air kelapa muda yang baik untuk pencernaan, dimana berbagai jenis vitamin dan banyak mineral lain seperti kalsium, kalium, magnesium, tembaga, besi dan fosfor yang mana vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Air kelapa muda juga dapat digunakan sebagai obat dan pengganti elektrolit yang hilang setelah beraktivitas berat. Jadi, konsumsi air kelapa muda sangat baik ya untuk kesehatan tubuh.
Berikut akan dijelaskan manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh:
1.    Mengobati Dehidrasi
Dehidrasi tidak boleh dianggap sepele karena jika berlebihan akibatnya adalah kematian. Tidak sedikit orang yang meninggal akibat dehidrasi. Jika Anda sudah merasa dehidrasi segera konsumsi air kelapa. Tapi air kepala muda pun tidak cukup, tetap harus diimbangi dengan air putih.

2.    Mengontrol Suhu Tubuh Dan Mengurangi Efek Peradangan
Sistem kerja lambung dapat menyebabkan peradangan yang tentunya hal ini akan menimbulkan rasa sakit pada lambung. Jangan dibiarkan begitu saja. Jika hal ini terjadi, konsumsilah air kelapa muda untuk mengurangi peradangan. Selain itu, air kelapa muda juga dapat menurunkan suhu tubuh karena pada dasarnya suhu tubuh kita cenderung meningkat.

3.    Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Air kelapa muda mengandung mineral yang begitu banyak. Kandungan mineral-mineral tersebut berfungsi untuk membangun dan meningkatkan metabolisme tubuh. Tubuh yang sehat sangat membutuhkan mineral dan banyak vitamin untuk menangkal penyakit yang masuk.

4.    Meningkatkan Sirkulasi Darah
Air kelapa muda berfungsi untuk memperlancar dan meningkatkan sirkulasi sel darah merah. Hal ini pun dapat mencegah kerontokkan rambut.

5.    Memperbaiki Fungsi Ginjal
Kandungan mineral, potassium, magnesium di dalam air kelapa muda sangat bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal. Air kelapa muda ini bekerja sebagai diuretik yang akan meningkantkan produksi urin.

6.    Meningkatkan Sistem Imun
Manfaat minum air kelapa muda bagi tubuh antara lain mampu meningkatkan sistem imun. Kaya akan nutrisi dan vitamin seperti asam folat, thiamin, pyridoxine, dan riboflavin yang bekerja sebagai anti-bakteri dan anti-virus yang akan membantu meningkatkan sistem imunitas dan memerangi infeksi virus seperti flu.

7.    Kontrol Diabetes
Air kelapa juga membantu untuk mengontrol diabetes. Air kelapa, bila dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.

8.    Antioksidan
Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

9.    Kesehatan Kardiovaskular
Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

10.    Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Air kelapa  memiliki kandungan seimpang dari elektrolit sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

11.    Menyembuhkan Infeksi Urin
Air kelapa muda merupakan obat alami untuk mengobati infeksi urin dan saluran pencernaan lainnya seperti ginjal serta usus.

12.    Perawatan Kulit
Kelapa muda tidak hanya bisa diambil air kelapanya. Air kelapa muda dapat digunakan sebagai obat untuk perawatan kulit sehingga membuatnya bersih dan cerah. Perawatan alami ini sungguh luar biasa karena tanpa bahan kimia dan tanpa efek samping tentunya.

13.    Menghilangkan Jerawat
Anda yang mengkonsumsi air kelapa muda bisa terhindar dari jerawat dan bekas jerawat, karena air kelapa muda memiliki elemen alami yang mampu merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah terutama dari jerawat. Anda hanya perlu mengaplikasikan air kelapa muda yang segar dan berkualitas baik pada kulit wajah dan biarkan selama satu malam penuh baru basuh wajah keesokan paginya. Tidak hanya bekerja pada kulit wajah saja, air kelapa muda juga mampu merawat kecantikan kuku tangan dan kuku kaki.

14.    Meningkatkan Kesuburan Pria
Minum air kelapa muda kabarnya mampu meningkatkan kesuburan pria dan wanita, pria yang sudah menikah tentunya ingin segera memiliki keturunan dan untuk memuluskan jalan ini, Anda bisa mencoba untuk minum air kelapa muda sebagai pengganti cairan atau ion tubuh, manfaat air kelapa muda bagi pria yang mampu meningkatkan produksi kesuburan pria dengan kata lain berfungsi dengan sangat baik untuk menyuburkan sistem reproduksi pria.

15.    Meningkatkan kesuburan Wanita
Manfaat air kelapa muda bagi kesuburan wanita karena air kelapa mampu membersihkan rahim dengan baik, sangat cocok jika dikonsumsi selama wanita datang bulan untuk mempercepat proses pengeluaran kotoran dari dalam tubuh.

16.    Mencegah Penuaan Dini
Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

17.    Membantu Proses Diet
Meskipun air kelapa hijau memiliki rasa yang manis tapi minuman yang satu ini memiliki kadar kalori yang rendah sehingga baik untuk proses diet dan baik pula dikonsumsi penderita diabetes.

18.    Mengatasi Gangguan Pencernaan
Dalam satu butir air kelapa, terkandung asam laurat yang mampu mengatasi gangguan pencernaan. Sehingga ketika Anda mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, diare atau yang lainnya perbanyak konsumsi air kelapa hijau.

Tips Konsumsi Air Kelapa Muda
1.    Konsumsi 1-2 gelas air kelapa dipagi / siang hari untuk dewasa.
2.    Jangan berikan pada bayi/ balita, ikuti saran dokter jika ingin diberikan di bayi dengan dosis tepat.
3.    Jangan konsumsi pada malam hari sebelum tidur karena cairan ini mudah diserap tubuh dikhawatirkan akan mengakibatkan timbunan glukosa.
4.    Air kelapa juga memiliki kandungan kalori, jadi jangan meminum air kelapa setiap hari secara berlebihan.

Catatan: Manfaat air kelapa muda akan kita peroleh secara maksimal apabila kita mengalami kekurangan ION atau dehidrasi. Konsumsi air ini akan segera mengembalikan cairan yang keluar dari dalam tubuh kita.

Posting Komentar