Khasiat Dan Manfaat Daun Seledri

Seledri adalah sayuran yang tidak asing lagi ditelinga kita, karena seledri merupakan sayuran yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap berbagai masakan seperti sop, bubur. Seledri ini merupakan tumbuhan dari susku apaceae atau suku adas-adasan. Nama ilmiah dari seledri yaitu apium graveolens L.. Deskripsi seledri yaitu memiliki warna hijau dari daun tangkai serta batangnya. Batangnya sendiri berukuran bantet sedangkan daunnya berbentuk agak lonjong namun bergigi dan tersusun gemuk. Seledri ini memiliki bunga yang majemuk berkarang.
Daun seledri memiliki Kandungan kalsium, vitamin A, B1, B2, B6, dan juga vitamin C. Kandungan ini sangat bersesuaian dengan beberapa penyakit yang membutuhkan kandungan ini untuk penyembuhan. Daun seledri sendiri memiliki manfaat dalam bidang kesehatan dan kecantikan, diantaranya:
  • Penurunan kolesterol
Selain untuk mengobati mata yang kering, daun ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Dengan tingginya vitamin A yang dimiliki maka bisa mencegah kanker dan juga menurunkan tekanan darah tinggi. Maka dari itu sangat di anjurkan untuk anda yang mempunyai kolesterol yang bisa dikatakan tinggi untuk mengkonsumsi daun sop ini.
  • Manfaat daun seledri untuk mengobati anemia
Kekurangan darah atau anemia bisa menjadikan kita sakit kepala sepanjang hari. Bagaimana tidak? Karena kita menjadi lemah, lesu, lunglai, dan lemas. Alhasil, semua pekerjaan dilakukan dengan tanpa gairah. Adanya daun seledri ini akan membantu kita. Cara yang dilakukan cukup dengan membuat jus. Jus tersebut campuran dari air, madu, nanas, dan daun seledri. Minum rutin jus campuran seledri ini setiap hari. Niscaya anemia akan berkurang dan kita bisa lebih enerjik dalam kegiatan sehari-hari.
  • Untuk mengobati rematik
Seledri atau yang biasa di sebut dengan daun sop ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit rematik. Dengan cara ambil daun seledri tersebut, lalu cucilah daun sop tersebut sampai bersih kemudian ketika anda makan gunakan daun seledri tersebut sebagai lalapannya. Lakukanlah hal seperti ini sesering mungkin untuk proses penyembuhan tentunya.
  • Menurunkan darah tinggi (hipertensi)
Darah tinggi adalah salah satu penyakit mengerikan. Pada akhirnya, bisa mengancam pecahnya pembuluh darah di otak juga lho. Oleh karena itu, bagi yang menderita penyakit satu ini harus segera bertindak. Salah satu tindakan alternative yang diambil adalah dengan menumbuk 100 gr daun seledri hingga halus. Setelahnya ditambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Setelahnya diminum 2 kali sehari. Maka, hipertensi akan menurun.
  • Bermanfaat mengatasi obesitas
Obesitas akan membuat tubuh menjadi tidak menarik. Maka dari itu, cepat atasi dengan jus daun seledri yang diminum dengan rutin. Rutinkan minum, dan obesitas akan berkurang.
  • Sebagai obat mata anda yang kering
Daun sop memiliki banyak manfaat serta kegunaan untuk tubuh anda, salah satunya ialah untuk mengobati mata anda yang kering tentunya. Jika anda memiliki mata yang bisa dikatakan kering, maka alangkah baiknya anda segera menyembuhkan mata anda tersebut dengan pengobatan alami menggunakan daun seledri atau daun sop tentunya.
Caranya yaitu dengan mencampurkan daun seledri tersebut dengan daun bayam serta daun kelor yang sebelumnya sudah di cuci terlebih dahulu. Lalu tumbuk lah bahan tersebut hingga menjadi benar-benar halus dan tambahkan garam kemudian beri sedikit air. Peras ke semua bahan tersebut kemudian minumlah airnya. Usahakan anda minum 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.
  • Mengobati batuk
Batuk merupakan suatu penyakit yang bisa menurunkan gengsi anda. Nah, untuk obat batuk ini sendiri dapat anda sembuhkan dengan daun seledri. Lantas, bagaimana caranya? Potong daun sop tersebut lalu rebus lah dengan air secukupnya maksimal 3 gelas sampai air tersebut mendidih kemudian saring air tersebut. Diamkan sampai dingin kemudian beri madu alami dan minumlah air tersebut paling tidak 2 kali dalam sehari.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan
Tentunya manfaat daun seledri tersebut tidak hanya untuk kesehatan anda saja, Namun juga untuk kecantikan anda bagi wanita tentunya. Daun seledri ini, dapat di gunakan sebagai obat pencegahan kerutan yang ada pada wajah anda atau bahasa keren nya dapat diartikan sebagai obat untuk memperlambat penuaan dini. Dengan cara memakan langsung seledri tersebut dan menggunakan seledri tersebut sebagai masker alami untuk wajah anda tentunya.
  • Penyubur rambut
Manfaat seledri yang pertama yaitu untuk menyuburkan rambut. Daun seledri mengandung protein nabati yang dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut semakin subur. Jika anda ingin mencobanya dirumah, caranya juga sangat mudah.
  • Mengatasi rambut rontok
Manfaat selanjutnya yang dimiliki seledri untuk rambut adalah mengatasi rambut rontok. Bagi anda yang memiliki masalah dengan rambut rontok, seledri dapat anda manfaatkan untuk mengobatinya. Karena didalam seledri mengandung zat menyuburkan rambut dan mengatasi bagi anda yang mengalami kerontokan rambut.
  • Memberikan warna hitam alami pada rambut
Pewarnaan rambut sering sekali dilakukan oleh salon-salon kecantikan, akan tetapi cara yang aman untuk menghitamkan rambut salah satunya adalah dengan dengan daun seledri karenba daun seledri memberikan berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mengembalikan kilau alami rambut Anda dan merawat rambut yang rusak.
  • Mengatasi ketombe
Timbulnya ketombe pada kulit kepala disebabkan oleh endapan kotoran akibat keringat berlebih yang akhirnya menjadi ladang tumbuhnya jamur. Daun seledri bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang ditimbulkan oleh jamur karena daun seledri mengandung zat anti-jamur dan anti-bakteri.

Anda dapat merawat rambut dengan daun seledri melalui 2 cara .
Cara pertama merawat rambut dengan daun seledri
Siapkan 7 hingga 10 helai daun seledri yang masih segar lalu cuci sampai bersih. Kemudian tumbuk daun seledri hingga halus dan gosokkan pada rambut. Sebaiknya bersihkan rambut sebelum memakai masker rambut ini. Pijat secara perlahan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bungkus rambut dan diamkan kira-kira 1 jam. Setelah itu bilas rambut sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan cara ini secara teratur satu minggu sekali.
Cara kedua merawat rambut dengan daun seledri
Ambil segenggam daun seledri kemudian cuci sampai bersih dan potong kecil-kecil. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat lalu pisahkan antara air dengan ampasnya. Campurkan air rebusan daun seledri dengan satu sendok makan cuka. Aplikasikan pada rambut Anda setelah rambut di cuci bersih atau keramas. Diamkan hingga kering, kemudian cuci lagi sampai bersih. Agar mendapatkan hasil yang baik untuk menjaga kesehatan rambut, gunakan cara merawat rambut dengan daun seledri ini secara teratur.

Posting Komentar