Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Obat Herbal

Tanaman yang buahnya sering disebut sebagai buah roti ini menyimpan segudang manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Daun sukun memiliki beragam kandungan yang bagus untuk tubuh. biasanya daun sukun dipakai untuk pakan ternak. Masih jarang orang yang menyadari kegunaan lain dari daun sukun. Padahal khasiat daun sukun sendiri sebenarnya sangatlah banyak. Daun sukun mengandung kalium, yang sangat berguna karena dapat menguraikan batu ginjal sehingga bisa larut dengan mudah dan keluar dari tubuh bersama dengan urine. Selain itu, senyawa-senyawa yang berguna di dalam daun sukun adalah:
 Kandungan Nutrisi Daun Sukun
•    Asam amino esensial
•    Kalium
•    Riboflavin (vitamin B2)
•    Hidrosianat
•    Asteilcolin
•    Tannin
•    Polifenol

Dengan kandungan nutrisi sebanyak ini, tentu saja fungsi daun sukun tidak bisa diremehkan. Selain senyawa-senyawa yang disebutkan di atas, daun sukun juga mengandung antioksidan dan manfaat yang baikbuat kesehatan, diantaranya:
  • Mencegah Penyakit Jantung
Seperti pemaparan sebelumnya bahwa daun sukun terbukti ampuh untuk mengentaskan kadar kolesterol tinggi. Maka dari itu, bahasan manfaat daun sukun untuk penyakit jantung juga berkaitan erat dengan manfaat daun sukun untuk menurunkan kadar kolestrol. Sebab, kadar kolesterol akan menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan beratnya kinerja jantung kita. Penggunaan dan pengonsumsian daun sukun seperti pada penurunan kadar kolesterol akan membantu kinerja jantung yang mana dimudahkan dengan hancurnya kolesterol di dinding-dinding pembuluh darah.
  • Mengobati Diabetes
Kadar gula darah yang berlebihan akan menyebabkan beragam penyakit seperti diabetes. Penyakit diabetes dikatakan mengerikan karena sulitnya darah mongering dan bisa menyebabkan amputasi pada bagian tubuh. Khasiat daun sukun yang kaya akan flavonoid akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Alhasil, tidak terjadi konsekuensi mengerikan dengan hadirnya penyakit susulan dari tingginya kadar gula darah.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
Kadar kolestrol pada asalnya baik asalkan tidak berlebihan. Masalah akan timbul saat kadar kolestrol dalam darah terlalu banyak. Kolestrol nantinya akan menempel di dinding-dinding pembuluh darah. Apabila sudah menumpuk, akan menganggu jalannya pengiriman sari-sari makanan dan jalannya darah ke seluruh tubuh. Bermula dari hal ini, nantinya tubuh akan mengalami banyak penyakit susulan dan tidak bisa dimungkiri bersifat fatal. Guna mencegah dan / atau mengobati penyakit akibat kadar kolestrol tinggi ini, bisa dilakukan dengan meminum air rebusan daun sukun yang diperlakukan seperti teh celup. Minum teh daun sukun ini setiap hari, niscaya penyakit tinggi kadar kolesterol dalam darah akan menurun.
  • Mengobati Penyakit Ginjal
Ginjal sangat penting untuk penyaringan darah. Sayangnya kesehatan ginjal kesayangan kita terancam dengan banyaknya kegagalan alias disfungsi ginjal. Oleh karena itulah, sangat penting melakukan penyembuhan. Penyembuhan yang terbaik adalah dengan melakukan pengobatan herbal dengan tumbuh-tumbuhan dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia dan cuci darah. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggu nakan daun sukun. Daun sukun kaya akan saponin, asam hidrosianat, kalium, dan beberapa lainnya yang ampuh untuk menghancurkan batu ginjal yang menumpuk. Batu ginjal yang menumpuk dengan efek pemakaian rutin daripada daun sukun akan hancur dan terbawa bersama urine. Lambat laun kondisi kita akan semakin membaik.
  • Untuk Melawan Asam Urat
Penyakit asam urat adalah penyakit menyebalkan yang selalu kambuh terutama pada cuaca dingin. Hal ini disebabkan oleh pengristalan asam urat pada bagian sendi. Khususnya hal ini sering terjadi di bagian kaki seperti lutut dan juga bahu. Pada akhirnya, ini akan menyiksa penderita. Bahayanya, asam urat merupakan penyakit yang tidak pandang bulu. Baik tua maupun muda memungkinkan untuk diserang oleh penyakit satu ini. Salah satu cara untuk menangkalnya adalah dengan menggunakan daun sukun. Daun sukun yang digunakan adalah daun sukun yang sudah dikeringkan. Setelah dikeringkan, daun sukun diseduh dengan segelas air panas. Lalu, daun sukun ditambahkan pemanis alami semisal gula batu dan madu. Daun sukun diberlakukan seperti kita meminum teh. Lalu, daun sukun diminum secara rutin agar terlihat manfaatnya
  • Obat Anti Kanker
Kanker yang merupakan tumor yang mengganas di salah satu anggota tubuh sangatlah berbahaya. Maka tidak heran banyak orang yang ketakutan saat divonis dengan penyakit satu ini. Padahal, masih banyak usaha yang bisa dilakukan untuk menghancurkan kanker ini. Selain daripada pengobatan medis yang menggunakan bedah, kemoterapi, dan juga obat kimiawi, kita juga bisa berusaha dengan menggunakan obat herbal yang bersifat tradisional. Memang lebih lambat, namun lebih aman untuk tubuh. Daun sukun adalah salah satu usaha dari pengobatan tradisional herbal yang dapat dilakukan. Caranya pun mudah saja. Cukup kita rebus daun sukun dengan 5 gelas air. Setelah mendidih, masukkan air sebanyak 5 gelas kembali. Tunggu mendidih dan ulang proses menambahkan 5 gelas air kembali. Lalu, minum air rebusan dari daun sukun tersebut. Selesailah sudah. Lakukan dengan rutin, dan kanker akan tercegah.
  • Mengobati Penyakit Liver
Liver atau hati memiliki fungsi untuk menampung semua racun dalam tubuh dan menetralkannya kembali. Hati yang sudah digunakan oleh tubuh untuk menetralisir bisa mengalami kelainan karena kondisi metabolisme tubuh yang buruk. Selain itu konsumsi alkohol dan rokok juga bisa meningkatkan resiko penyakit ini. Daun sukun kering yang sudah direbus dan dijadikan dalam bentuk teh bisa bermanfaat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan hati. Beberapa jenis senyawa seperti asetilkolin sangat baik untuk melawan peradangan. Hindari rokok dan alkohol selama melakukan terapi ini.
  • Mengobati Alergi
Alergi sering menyebabkan tubuh mengalami gatal-gatal dari mulai tingkat rendah hingga parah. Alergi disebabkan karena tubuh tidak bisa membentuk hormon dan enzim yang membuat sistem anti alergen untuk tubuh. Akibatnya maka tubuh mengalami beberapa kegagalan sistem dalam membuat kekebalan pada zat tertentu. Konsumsi daun sukun kering sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah alergi. Saat terapi sebaiknya juga menghindari berbagai pemicu alergi dan mulai mensimulasi tubuh ketika sudah mendapatkan efek dari pemakaian daun kering.
  • Mengobati Sakit Gigi
Sakit gigi yang disebabkan karena lubang pada gigi menjadi salah satu keluhan yang umum. Rasa sakit akan menyerang ketika ada banyak bakteri dan kuman yang menumpuk pada lubang gigi. Daun sukun kering bermanfaat sebagai anti racun yang akan membunuh semua kuman dan bakteri pada lubang gigi. Berkumur dengan teh dari rebusan daun sukun kering akan membuat efek menenangkan untuk rasa sakit dan membuat sakit gigi tidak sering kambuh.
  • Mengobati Penyakit Pembesaran Limpa
Pembesaran limpa bisa disebabkan karena rusaknya sistem limpa dalam tubuh. Pemicunya sangat beragam namun yang paling sering adalah tubuh terlalu banyak menampung racun. Enzim dan hormon dalam tubuh mengalami kerusakan dan berbagai macam makanan yang buruk membuat limpa tidak bisa berfungsi dengan baik. Manfaat daun sukun kering memiliki fungsi sebagai anti racun dan untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Daun sukun kering yang sudah dibuat menjadi teh akan efektif dalam menyembuhkan penyakit ini.
  • Anti Pendarahan
Pada jaman dahulu rebusan daun singkong kering sering menjadi obat anti pendarahan. Kasus yang paling sering terjadi adalah untuk mengobati pendarahan pada ibu yang baru saja melahirkan. Hal ini disebabkan karena senyawa kimia dalam manfaat daun sukun kering bisa melancarkan sistem pembuluh darah dan menghentikan darah encer sehingga bisa menghentikan pendarahan. Minum tiga kali sehari bagi ibu yang mengalami pendarahan akan menghentikan pendarahan dan membuat kesehatan cepat pulih.

Cara Mengolah Daun Sukun kering
Agar khasiat serta manfaat yang terkandung dalam daun herbal ini bisa diserap maksimal oleh tubuh dan untuk menghindari terjadinya efek samping keracunan yang berbahaya bagi kesehatan, berikut cara yang benar mengolah daun sukun mulai dari proses pemilihan bahan, penjemuran sampai proses perebusan.
•    Usahakan memilih daun yang sudah tua atau akan lebih baik daun yang warnanya kuning.
•    Jika olahan herbal memakai daun yang masih segar, hindari mengolah daun yang cacat (banyak lubang, kotor, warna tidak merata). Biasakan mencuci dengan air mengalir sebelum mengolah daun sukun.
•    Jika olahan herbal menggunakan daun kering, jemur dibawah sinar matahari sampai mereka benar-benar kering.
•    Cara merebus daun sukun yang benar hendaknya selalu memakai gerabah tanah liat atau paling tidak panci stainless steel. Hindari memakai panci aluminium karena zat pada daun bisa menimbulkan reaksi yang beresiko membahayakan kesehatan.
Bahan-bahan
•    2 lembar daun sukun
•    3 liter air bersih
•    Gula atau madu
Cara mengolahnya :
1.    Ambil daun yang berwarna kungin langsung dari pohonnya, potong-potong lalu jemur hingga kering.
2.    Rebus dengan 2 liter air hingga tersisa setengahnya saja (tersisa 1 liter air), matikan api.
3.    Setelah didiamkan beberapa saat, tambahkan lagi 1 liter air hingga air rebusan daun sukun kembali menjadi 2 liter.
4.    Rebus beberapa waktu hingga mendidih. Matikan api dan tunggu hingga hangat.
5.    Air teh daun sukun yang dihasilkan berwarna kemerahan, rasanya sedikit pahit dan cenderung tidak berbau.
6.    Cara meminumnya bisa ditambahkan madu atau gula secukupnya sebagai perasa.
7.    Jika ingin menyimpannya, simpan di botol kaca atau plastik kemudian masukkan ke lemari pendingin.

Posting Komentar