Manfaat Kerang Hijau

Kerang Hijau (Perna viridis) atau dikenal sebagai green mussels] adalah binatang lunak (moluska) yang hidup di laut, bercangkang dua dan berwarna hijau. Kerang hijau merupakan organisme yang termasuk kelas Pelecypoda. Golongan biota yang bertubuh lunak (mollusca). Kerang hijau termasuk Hewan dari kelas pelecipoda, kelas ini selalu mempunyai cangkang katup sepasang maka disebut sebagai Bivalvia. Hewan ini disebut juga pelecys yang artinya kapak kecil dan podos yang artinya kaki.  Jadi Pelecypoda berarti hewan berkaki pipih seperti mata kapak.  Hewan kelas ini pun berinsang berlapis-lapis sering disebut Lamelli branchiata. Kerang hijau juga memiliki nama-nama lokal antara lain kijing (Jakarta), kemudi kapal (Riau), kedaung (Banten).
Kandungan Gizi Kerang Hijau terdapat pada kerang hijau, yaitu terdiri dari 40,8 % air, 21,9 % protein, 14,5 % lemak, 18,5 % karbohidrat dan 4,3 % abu sehingga menjadikan kerang hijau sebanding dengan daging sapi, telur maupun daging ayam. Meskipun daging kerang hijau hanya sekitar 30% dari bobot keseluruhan (daging dan cangkang), tetapi dalam 100 gr daging kerang hijau mengandung 100 kalori yang tentunya sangat bermanfaat untuk ketahanan tubuh manusia.

Berikut Adalah Manfaat Dari Kerang Hijau :
1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kerang hijau kaya omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan tubuh dari penyakit kardiovaskuler, Dan sekaligus dapat melancarkan peredaran darah serta meningkatkan fungsi otak karena banyaknya zat besi dan beberapa mineral.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Kandungan asam lemak omega-3 dalam kerang hijau berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Asam lemak omega-3 banyak ditemukan dalam seafood, salah satunya adalah kerang hijau. Asam Lemak tersebut sangat penting untuk membantu perawatan kulit menjadi awet muda, jauh dari jerawat, keriput, bintik-bintik hitam dan flek pada wajah. Ini tak lepas dari peran zat besi yang ada dalam kerang hijau membantu produksi sel darah merah yang sehat sehingga dapat mengikat oksigen lebih baik dapat menyebarkan ke kulit yang sehat.

3. Mengatasi Nyeri Sendi
Kerang hijau juga dapat mengatasi nyeri sendi. Selain itu, adanya kandungan vitamin B12 dan Vitamin C di dalamnya dapat meningkatkan sistem imun serta fungsi saraf.

4. Membantu Mengatasi Nyeri Arthritis
Kerang hijau juga mampu meredakan nyeri peradangan arthritis karena memiliki sifat menyembuhkan dan memiliki banyak vitamin seperti vitamin C dan B12, serta mineral seperti fosfor, kalsium, mangan dan seng.

5. Membantu Mengatasi Asma Dan Bronkitis
Kandungan asam amino, meminimalisir terjadinya gangguan pernapasan, Selain itu karbohidrat serta nutrisi yang lengkap dengan asam lemak omega-3, dan vitamin B12. Mempunyai peran menstabilkan kekebalan tubuh.
 
6. Kesuburan
Meskipun penelitian sedang berlangsung di daerah tertentu, penelitian telah menunjukkan bahwa kerang hijau dapat meningkatkan viskositas dan volume cairan seksual baik pada pria dan wanita, sehingga meningkatkan kemungkinan pembuahan.
 
7. Sistem kekebalan Tubuh
Salah satu kualitas yang kurang dikenal dari kerang hijau adalah dampaknya terhadap sistem kekebalan tubuh. Mereka dapat membantu menangkal infeksi, memiliki kualitas antibakteri alami, dan membantu untuk merangsang pembentukan antibodi pada mereka yang rutin mengkonsumsinya.

8. Osteoporosis dan Kesehatan Tulang
Ketika peradangan dihilangkan, tulang tidak menderita stres, dan mengurangi degradasi tulang dari waktu ke waktu. Ada lebih dari aktivitas penghambatan dalam kerang hijau; ada juga mineral penting dan senyawa organik yang menjadikan tulang dan gigi kuat dan stabil.

Tips Mengolah Kerang Hijau
•    Pilihlah kerang mentah yang masih segar dan cangkangnya utuh, tidak retak atau pecah. Cangkang kerang atau tiram yang masih hidup akan segera menutup bila dipegang dengan tangan.
•    Pastikan kerang hijau tidak terasa bau busuk, berlendir, dan berbau bahan kimia.
•    Bersihkanlah kerang dengan menggunakan air yang benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel pada kulit kerang.
•    Dianjurkan untuk mengonsumsi kerang yang dimasak dengan cara di rebus. Jika Anda ingin mengolah kerang dengan cara tumis, goreng, atau panggang, pastikan untuk merebusnya terlebih dahulu, lalu diolah kembali.
•    Gunakanlah bumbu masak herbal yang beraroma tajam (misalnya jahe, lengkuas, daun jeruk, kemangi, dan ginseng) agar kerang hijau lebih sehat dan tidak berbau amis.
• Kerang mengandung kolesterol yang cukup tinggi 67 mg/ 100gr, dan konsumsi kolesterol per hari yang dianjurkan maksimal sekitar 300 mg. Tidak dianjurkan mengkonsumsi kerang berlebihan. Satu porsi kecil setiap harinya sudah cukup untuk mendapatkan semua manfaatnya.
• Kerang mengandung basa purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Pengidap penyakit asam urat atau gout lebih baik menghindari atau membatasi konsumsi kerang.


Posting Komentar