Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Wortel memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya,  Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, ternyata memiliki segudang manfaat lain. Tentu saja apabila sayuran bewarna oranye ini, dikonsumsi secara rutin. Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Menjaga Kesehatan Mata
Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari. Beta-karoten juga telah dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang sering terjadi pada orang tua. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

2. Menekan Resiko Penyakit Jantung
Mengkonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu, menurut penilitian uneversitas Harvard baru-baru ini, dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung.

3. Mengurangi Resiko Kanker
Di dalam wortel  memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan  kanker.  Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.

4. Mencegah Stroke
Studi yang dilakukan di Harvard menunjukkan bahwa konsumsi 6 wortel satu minggu dapat menekan resiko penyakit stroke di bandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi 1 buah per bulan.

5. Kesehatan Ginjal
Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal. Meskipun ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tidak boleh minum jus, ternyata lain halnya dengan wortel, sayuran ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sistem imun tubuh dapat diperkuat juga dengan konsumsi wortel secara rutin. Penelitian menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan

Manfaat Wortel Untuk Kecantikan
1. Spray Wajah Alami Yang Menenangkan
Manfaat wortel untuk kecantikan yang selanjutnya adalah spray alami untuk wajah. Spray ini sangat berguna untuk menenangkan dan membersihkan wajah dari debu atau karena efek sinar matahari. Cara membuatnya cukup simpel yaitu tinggal buat ekstrak dari wortel kemudian ditambahkan pada air mawar. Simpan campuran air tersebut hingga beberapa waktu dan gunakan untuk menghilangkan rasa panas diwajah karena paparan sinar matahari. Spary ini juga berguna untuk mengobati luka bakar, minimal mengurangi rasa terbakar pada area kulit yang terbakar.

2. Pengobatan Bekas Luka / Scars.
Bekas luka mungkin bisa menggangu penampilan anda apalagi juga bekas luka tersebut terlihat sangat jelas dibagian tubuh anda. Mengobati bekas luka / scars merupakan salah satu manfaat wortel untuk kecantikan yang sangat penting dan membantu anda mengembalikan kepercayaan diri. Pengobatannya cukup mudah yaitu tinggal parut wortel / buat bubur wortel yang nantinya dioleskan pada bagian tubuh yang memiliki bekas luka tersbut. Kandungan yang dimiliki oleh wortel bisa membantu anda menghapus noda bekas luka di kulit

3. Wortel Membuat Kulit Anda Lebih Cerah.
Mungkin bagi anda yang belum pernah mencoba menggunakan wortel sebagai masker agak ragu dengan hal ini. Apa bisa wortel digunakan sebagai masker ? jawabannya bisa-bisa saja dan bahkan wortel membuat kulit wajah anda bersinar secara alamai. Kandungan serat, vitamin C dan antioksidan yang dimiliki oleh wortel dapat membantu mengangkat sel kulit mati atau kulit kasar akibat debu atau paparan radikal bebas. Berikut ini tips penggunaan manfaat wortel untuk kecantikan dengan media masker. Jadi pertama kali ambil wortel yang diparut sebanyak 2 sendok makan, kemudian tambahkan dengan madu dan susu sebanyak masing-masing satu sendok teh, setelah itu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Aduk wortel dengan beberapa bahan tambahan hingga tercampur betul. Sebelum menggunakan masker wortel, usahakan untuk membersihkan muka terlebih dahulu menggunakan air bersih dan bilas dengan handuk. Setelah wajah dibersihkan baru oleskan masker di wajah secara merata dan didiamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Setelah itu bersihkan masker dengan menggunakan air bersih dan anda akan memiliki wajah yang lembut dan bercahaya.

4. Mencegah Paparan Sinar UV
Tahukah anda bahwa wortel merupakan sayuran yang menjadi bahan alami untuk digunakan sebagi sun block? wortel itu memiliki kandungan beta karoten yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Proses perubhan ini membuat tubuh memilii jaringan kulit yang lebih baik dan tahan dari teriknya sinar matahari. Kandungan antioksidan dan karotenoid juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terutama bagian kulit terhadap teriknya sinar matahari.

5. Wortel Adalah Bahan Alami Untuk Mencegah Penuaan
Penuaan merupakan salah satu permasalahan kulit yang betul-betul mengubah penampilan. Orang akan melakukan apapun untuk tampil lebih muda dengan wajah yang cerah. Manfaat wortel untuk kecantikan berperan pada hal ini, anda tidak perlu menggunakan bahan yang mahal seperti butiran emas atau yang lainnya. Vitamin C pada wortel berperan untuk memproduksi kolagen, dimana kolagen ini berfungsi untuk memelihara elastisitas kulit. Elastisitas kulit dapat mencegah kulit anda berkerut atau keriput.

6. Cocok Untuk Orang yang Memiliki Kulit Kering
Kulit kering biasanya terjadi karena tubuh kekurangan kalium. Kalium merupakan bagian penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembaban kulit. Bagi yang memiliki kulit kering, anda bisa menggunakan wortel untuk melembabkan kulit anda.

7. Mengobati Berbagai Penyakit Kulit
Penyakit kulit itu bermacam-macam jenisnya, baik jerawat, ruam dan dermatitis merupakan peyakit kulit yang sering dijumpai di Indonesia. Kandungan antioksiadan dan vitamin A yang dimiliki oleh wortel bisa membantu tubuh anda untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut.

8. Merangsang Pertumbuhan Rambut
Selain mencegah rambut rontok, wortel juga merangsang pertumbuhan rambut baru yang menghindarkan anda dari kerontokan. Vitamin C dan E yang dimiliki oleh rambut membuat sirkulasi di kulit kepala anda semakin teratur. Hal ini mencegah terjadinya rambut beruban dan merangsang pertumbuhan rambut dikepala.

9. Pengobatan Rambut Rontok
Minum jus wortel secara teratur membuat kulitas rambut menjadi lebih baik. Apabila anda menginginkan rambut yang kuat, tebal dan bersinar anda bisa menggunakan jus wortel yang bisa menutrisi rambut anda. Kandungan vitamin yang dimiliko oleh wortel sangat berguna untuk mencegah dan mengurangi resiko rambut rontok.

Posting Komentar