Manfaat Kulit Manggis Dan Cara Membuatnya

Kulit buah manggis sudah dikenal sebagai obat herbal yang memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. Perlu diketahui kulit manggis memiliki senyawa xanthone yang saat ini sangat banyak diproduksi dalam bentuk sirup untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya. Senyawa ini dapat mencegah diabetes, mencegah kanker, dan melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.
Kandungan Kulit Manggis
1. Tanin
Tanin adalah senyawa yang memiliki aktifitas seperti antioksidan dimana tugasnya adalah menghambat enzim seperti DNA topoisomerase, hemostatik, anti-diare, anti-hemoroid dan penghambat perkembangan tumor pemicu penyakit kronis.
Tanin bisa berubah fungsi jadi malapetaka dalam tubuh karena mampu membentk kompleks kuat dengan protein yang artinya dapat menghambat proses penyerapan protein dalam sistem pencernaan (anti-nutrisi).
Oleh karena itu, kadar tanin pada produk lain (tidak hanya kulit manggis) patut Anda waspadai dan perhatikan dengan teliti agar jumlahnya aman jika masuk ke pencernaan manusia, disini Anda membutuhkan bantuan ahli.

2. Xanthone
Yaitu antioksidan pada kulit manggis yang jumlahnya sangat banyak dengan khasiat melimpah, seperti pemberi sifat anti-inflamasi, anti-diabetes, anti-bakteri, anti-kanker, anti-jamur, anti-virus, anti-plasmodial dan guna lain sebagai penambah kekuatan sistem imun tubuh serta hepatoprotektif.
Antioksidan ini mempunyai 14 turunan dan yang paling menonjol adalah Alfa-mangostin, apa itu?
Alfa-mangostn adalah senyawa pembentuk karsinogen pada kolon. Senyawa turunan ini juga mendapatkan sokongan dari gamma-mangostin (sama-sama turunan Xanthone) yang berfungsi untuk memproteksi tubuh dari virus penyebab penyakit.

3. Antosianin
Antosianin pada kulit manggis berfungsi sama seperti antioksidan yang berperan cukup penting untuk mencegah sejumlah penyakit kronis sepert kanker, diabetes melitus, kardiovaskular, dan neuronal.
Antosianin tidak hanya terdapat pada buah manggis, tetapi juga pada stroberi, raspberi, apel dan buah-buahan berbunga lain.

Manfaat Kulit Manggis
1. Mengobati Dan Mencegah Kanker
Kulit manggis dapat mencegah pertumbuhan sel kanker sekaligus menghancurkannya untuk menghindarkan seseorang terkena kanker atau mencegah stadium lanjut. Kandungan zat xanthone dalam kulit dan buah manggis memiliki sifat anti proliferasi danapoptosis yang menjadi senjata ‘pemusnah masal’ terhadap penyakit kanker dan efektif melakukan pencegahannya. Diantara berbagai buah dan herbal dalam mengobati dan mencegah kanker, dapat dikatakan kulit manggis dan buah manggis lah yang paling ampuh.

2. Sistem Kekebalan Tubuh
Apa yang menyebabkan kulit manggis sangat membantu sistem kekebalan tubuh manusia ? jawabannya adalah kayanya kandungan anti oksidan yang terdapat dalam kulit manggis. Antioksidan aktif yang terdapat dalam kulit buah ini sangat ampuh untuk meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit dan membuang radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti kanker.

3. Menurunkan Diabetes
Kadar gula dalam darah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena merupakan cikal bakal berbagai penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Kulit manggis salah satu herbal ampuh yang dapat membantu menurunkan diabetes dengan mengurangi dan membawa kadar gula dalam darah melalui air seni.

4. Mengatasi Diare
Kulit manggis sangat ampuh untuk mengatasi diare, kandungan senyawa yang terdapat dalam manggis sangat baik untuk fungsi pencernaan tubuh dan menghilangkan bakteri penyebab diare.

5. Meremajakan Kulit Dan Mencegah Penuaah Dini
Manfaat kulit manggis yang paling dinanti oleh para wanita adalah kemampuannya dalam melakukan peremajaan kulit. Kandungan antioksidan dalam kulit manggis dapat membantu mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit agar terlihat tetap bersinar dan kencang diusia yang tidak muda lagi. Kulit manggis mampu melakukan regenerasi sel kulit mati yang menjadi penyebab utama kulit terlihat kusam dan kering.

6. Mengatasi Gangguan Haid
Jika anda mengalami gangguan haid yang sering terjadi seperti rasa sakit tidak tertahankan, telat datang bulan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak teratur atau hanya sedikit. Ada baiknya anda mencoba olahan kulit manggis yang penting untuk melancakan haid anda.

Cara Membuat Ramuan Kulit Manggis
Setelah mengetahui manfaatnya ada baiknya membuat jus kulit manggis sendiri, caranya sangat mudah.
Cara Membuat Obat Dari Kulit Manggis:
1. Siapkan kulit manggis (2-3 buah) – bisa juga Jumlahnya disesuaikan kebutuhan
2. Ambil pada kulit bagian dalamnya saja, jangan ambil bagian luarnya yang keras.
3. Masukan keblender kulit manggis yang tadi, boleh juga dicampur dengan susu, alpukat, dan coklat sesuai selera yang diinginkan.
4. Setelah semua bahan halus, barulah obat herbal kulit manggis tersebut sudah dapat disajikan.

Posting Komentar