Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh

Rebung adalah salah satu makanan khas wilayah Asia. Rebung memiliki rasa yang renyah, hal tersebut karena rebung merupakan tunas akar yang masih muda. Rebung telah menjadi makanan khas Asia sejak dahulu. Manfaat rebung sangatlah banyak, hal tersebut karena rebung memiliki kandungan yang baik untuk tubuh kita. Apa saja kandungan rebung? Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, rebung terdiri dari mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, tiamin, Riboflavin, Niacin, Vitamin C, Kalsium, Besi, Fosfor, Fat, Karbohidrat, Protein, dan Kalori untuk membantu membangun daya tahan tubuh. Berikut ini telah kami rangkum khasiat dan manfaat rebung bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari laman

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan
Beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika kita mengkonsumsi rebung adalah sebagai berikut :
1.    Menurunkan kolesterol
Dalam setiap 100 gram porsinya, rebung mengandung gula sebesar 2,5 gram. Sementara itu, kandungan lemak tak jenuh dan lemak jenuhnya sekitar 0,49 gram. Kedua hal tersebut membuat rebung menjadi makanan yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan menyehatkan jantung.

2.    Melawan kanker
Rebung bisa sebagai alternatif mengobati orang yang terkena kanker, karena mengandung fitosterol seperti flavone, amilasi, dan klorofil yang dapat membantu melawan kanker.

3.    Menurunkan tekanan darah
Tingginya kandungan kalium di dalamnya, membuat rebung menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaganya agar tetap normal. Mengkonsumsi rebung juga dikaitkan dengan penurunan depresi, penyakit mental, dan kecemasan.

4.    Kurangi resiko stroke
Di dalam Rebung terdapat banyak kandungan senyawa mulai dari air (paling banyak sampai 91%), thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, besi, dan lainya. Makanan yang kaya akan kalium, minimal 400 mg, sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Penderita stroke seringkali didapati mengalami defisiensi mineral ini.

5.    Menurunkan berat badan
Rebung bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini berkat kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, rebung juga mengandung serat yang tinggi sehingga akan membuat perut ada cepat kenyang ketika mengkonsumsinya.

6.    Mengatasi masalah pernapasan
Rebung mengandung asam amino dan merupakan sumber protein yang baik. Hal ini membuat rebung memiliki potensi untuk mengatasi masalah pernapasan seperti pilek, batuk, atau hidung tersumbat.

7.    Menjaga kesehatan jantung
Menurut sebuah studi, kandungan pitosterol dan fitonutrien yang ditemukan dalam manfaat rebung dapat berguna untuk membantu melarutkan kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya dalam tubuh. Hal ini juga dapat membantu mengontrol kandungan kolesterol dari arteri dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

8.    Menyembukan bisul dan luka
Berdasarkan penelitian terbaru, rebung mempunyai sifat anti inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul dan luka.

9.    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Rebung juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, thiamine, riboflavin, dan niasin. Rebung juga mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10.    Mencegah kerusakan sel
Kandungan protein pada rebung bermanfaat untuk mencegah rusaknya sel dalam tubuh supaya dapat bekerja dengan baik.

11.    Rebung mensuplai banyak serat.
Jumlah serat dalam rebung sangat tinggi. Tahukan bahwa makanan serat baik untuk usus kita? Yuk cintai usus kita dengan cara mengkonsumsi rebung

12.    Menyehatkan pencernaan
Rebung dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu, rebung juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati cacingan.

13.    Melancarkan siklus menstruasi
Apabila siklus menstruasi anda tidak lancar, cobalah untuk mengkonsumsi rebung. Hal ini karena rebung mengandung bahan alami yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi serta dapat mengurangi nyeri.

14.    Memperlancar proses kelahiran
Rebung termasuk tanaman jenis uterotonika yang mampu membantu meningkatkan kontrasi rahim sehingga dapat memperlancar proses kelahiran.

15.    Agen detoksifikasi
Dalam pengobatan tradisional orang-orang India kuno, ekstrak rebung diyakini mampu mengeluarkan racun. Racun didapat dari akibat gigitan binatang berbisa seperti gigitan ular dan sengatan kalajengking.

16.    Agen uterotonika
Dalam pengobatan tradisional cina, ekstrak rebung dipercaya mampu menyebabkan kontraksi pada rahim. Oleh karena itu, hal ini seringkali diterapkan sebagai suplement selama bulan terakhir kehamilan. Menurut sebuah penelitian yang disampaikan oleh Gruber dan O’Brien darii University of Vienna yang menyatakan bahwa rebung merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman yang telah terdaftar di antara tanaman uterotonik

Cara Memasak Rebung Agar Aromanya Jadi EnakCiri khas aroma rebung adalah bau asam atau pesing, yang biasanya akan semakin terasa lebih tajam saat direbus. Untuk menghilangkan bau asam atau pesing saat merebus rebung, cucilah terlebih dahulu rebung segar hingga bersih. Buang bagian tunas yang keras. Rebus rebung dalam air sampai mendidih. Tiriskan rebung segera.
Rebus kembali dengan air kelapa biasa (hingga rebung terendam) sampai rebung lunak. Tiriskan dan simpan dalam wadah tertutup dalam lemari es. Air kelapa selain mengurangi aroma tajam rebung juga memberikan rasa legit renyah yang enak.

Posting Komentar