Manfaat Temulawak Bagi Tubuh

Kandungan zat utama pada temulawak dan manfaatnya:
•    Pati 48.18% – 59.64% – membantu proses metabolisme.
•    Protin 29.00% – 30.00%
•    Abu 5.26% – 7.07%
•     Serat 2.58% – 4.83% – memulihkan kebugaran badan
•    Kurkumin 1.60% – 2.20% – dapat melancarkan proses pencernaan
•    Minyak asiri 6.00% – 10.00% – dapat meningkatkan fungsi ginjal
•    Phelandren – membantu melancarkan pengeluaran toksin tubuh melalui air kencing
•    Kamfer
•    Turmerol – membantu proses metabolisme
•    Borneol – membantu memulihkan kesehatan tubuh akibat penyakit
•    Sineal
•    Xanthorrhizol

1. Mengurangi Radang Sendi
Temulawak juga mengandung kurkumin yang baik untuk kesehatan Anda, terutama untuk mengurangi radang sendi.

2. Mengatasi Penyakit Maag
Untuk mengatasi penyakit maag, siapkan temulawak 1 rimpang. Cuci bersih dan buang kulitnya, iris menjadi tipis-tipis kemudian rebus menggunakan air sebanyak 5 gelas. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan setelah itu minum airnya secara rutin

3. Menjaga Kesehatan Hati
Manfaat temulawak untuk kesehatan hati sangat baik, dimana fungsi hati dapat terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi temulawak. Temulawak sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, ini karena temulawak mengandung katagoga. Katagoga inilah yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan

4. Menyehatkan Jantung
Temulawak atau yang juga disebut curcuma ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Temulawak memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

5. Mengatasi Gangguan Ginjal
Manfaat temulawak untuk kesehatan ginjal juga tidak perlu diragukan lagi, dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin maka gangguan ginjal yang terjadi dapat teratasi dengan baik.

6. Mengatasi Kanker
Temulawak dipercaya dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan kanker prostat, dimana cara kerjanya yaitu dengan menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

7. Mencegah Reumatik dan Asam Urat
Temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti peradangan alami sehingga temulawak dapat membantu mengatasi gejala peradangan sendi atau reumatik dan mencegah serangan asam urat. Jika Anda terkena reumatik, konsumsi jamu temulawak juga dapat membantu mengurangi reumatik.

8. Menurunkan Lemak Darah
Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu temulawak dapat menurunkan lemak darah. Temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoid, ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

9. Penyembuhan Hepatitis
Temulawak juga berhasiat menyembuhkan penyakit hepatitis, dengan cara siapkan 2 jari temulawak, lalu cuci dan kupas. Iris dan rebus dengan ½ liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini dua kali sehari.

10. Meredakan Asma
Temulawak juga bisa meredakan bahkan menyembuuhkan penyakit asma, bagi anda yang tersiksa dengan penyakit ini bisa coba obat herbal yang bisa anda buat sendiri, dengan menyiapkan ½ rimpang temulawak, kemudian cuci bersih. Kupas dan iris temulawak. Rebus dengan 5 gelas air dan campurkan gula aren secukupnya. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Larutan herbal ini diminum tiga kali sehari.

11. Mengatasi Jerawat
Temulawak juga dapat membantu mengatasi masalah Anda yang satu ini. Kita tahu bahwa kurkumin pada temulawak berperan sebagai antioksidan sehingga kurkumin inilah yang membantu menghilangkan kotoran-kotoran pada wajah yang telah menjadi jerawat.

12. Menyembuhkan Bisul
Bisul juga bisa dihilangkan dengan temulawak, seperti yang sebelumnya siapkan Temulawak yang sudah dicuci bersih, lalu dikupas. Rebus temulawak dengan 2 gelas air dan sedikit gula aren. Rebuh hingga airnya setengah lalu angkat. Tambahkan seibu jari asam jawa. Tunggu agak dingin, kemudian disaring dan diminum sekaligus.

13. Mengurangi Kelelahan Otot
Temulawak juga efektif untuk membantu mengatasi kelelahan otot, terutama bagi anda yang melakukan latihan serius saat fitness.

14. Mengobati Penyakit Liver.
Sudah tidak diragukan lagu temulawak bisa menyembuhkan liver. Siapkan 25 gram temulawak serta 30 gram daun serut/mirten, lalu campur dengan air sekitar 600 cc, kemudia rebus hingga air tinggal 300 cc. Saring airnya, minum dalam keadaan masih hangat.

15. Menambah Nafsu Makan
Kandungan minyak atsiri dalam temulawak bersifat karminativum yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Banyak orang tua jaman dulu yang memberikan sari temulawak bagi anak-anaknya yang kurang nafsu makan. Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya ambil 25 gram temulawak, gula merah, dan 10 gram asam jawa. Rebus ketiga bahan ini dengan 600 cc air sampai hanya tersisa separuhnya. Setelah itu saring airnya dan minum air tersebut.

16. Mengatasi Radikal Bebas
Kandungan kurkumin pada temulawak memang memiliki banyak sekali manfaat, termasuk sebagai antioksidan. Kurkumin dapat membantu tubuh menangkap radikal bebas oksigen dan radikal hidroksil sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

17. Mengatasi Batuk
Ambil 25 gram temulawak, parut dan tambahkan air matang secukupnya. Kemudian peras dan saring airnya. Berikan air perasan tadi 1 buah jeruk nipis dan madu secukupnya dan diminum. Agar hasil maksimal, ramuan temulawak dapat diminum 3 kali sehari.

18. Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Menstruasi
Bagi kaum wanita, nyeri saat menstruasi tentu sangat menyiksa. Temulawak memiliki khasiat sebagai penawar rasa sakit yang alami sehingga jika Anda minum jamu temulawak secara teratur, rasa nyeri saat menstruasi pun tidak akan terasa lagi.

19. Melancarkan Pencernaan
Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti perut kembung atau masuk angin dapat Anda atasi dengan menggunakan temulawak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi temulawak setiap hari secara rutin.

20. Menyembuhkan Wasir
Karena khasiat temulawak berfungsi untuk memelihara organ pencernaan, temulawak juga dapat membantu menyembuhkan wasir atau ambeien. Wasir disebabkan karena luka pada usus besar sehingga menyebabkan terjadinya pembuluh darah di area sekitar usus besar. Saat mengejan, darah tertahan sehingga menimbulkan pembengkakan pembuluh darah. Kandungan di dalam temulawak dapat membantu melancarkan peredaran darah, memperbaiki fungsi usus besar, dan membersihkan lambung.

Posting Komentar