Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

Tanaman tebu memiliki bentuk yang mirip seperti tanaman bambu dan merupakan tanaman yang masuk ke dalam jenis rerumputan, yang masa panennya kurang lebih 1 tahun setelah ditanam. Tebu juga paling diminati oleh masyarakat indonesia karena air tebu menjadi salah satu minuman yang paling banyak ditemukan pada saat musim kemarau. Semua orang suka dengan aroma dan rasa air tebu yang sangat khas. Rasa manis alami bisa sangat menyegarkan dan menjadi pengganti energi tubuh yang hilang saat cuaca panas. Anda bisa meminumnya dengan es atau tanpa es dan semua air tebu memang sangat menyegarkan. Terlebih tanaman tebu memang banyak ditemukan di semua wilayah di Indonesia.
  • Menyembuhkan Penyakit Kuning atau Lever
Anda pasti sudah pernah mendengar mengenai penyakit kuning, alias penyakit hati. Ya, penyakit kuning ini merupakan salah satu gejala yang muncul dimana tubuh akan terlihat berwarna kuning karena adanya pigmentasi pada kulit, yang disebabkan oleh menurunnya fungsi hati. Untuk mengobati penyakit ini, ternyata air tebu merupakan salah satu obat alami yang mampu membantu untuk menyembuhkan gejala sakit kuning ini.
  • Membantu Menyembuhkan Infeksi dan Peradangan
Manfaat lainnya dari air tebu adalah untuk membantu menyembuhkan peradangan dan juga infeksi di dalam tubuh. satu gelas air tebu yang kita minum, ternyata mampu untuk membantu menyembuhkan infeksi dan juga peradangan pada saluran kandung kemih, peradangan pada perut dan juga usus, dan juga infeksi yang disebabkan oleh penyakit menular seksual atau PMS.
  • Membantu Mengobati Batu Ginjal
Manfaat lainnya dari air tebu adalah untuk membantu mengobati gejala batu ginjal. Ya, batu ginjal dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi. Dengan mengkonsumsi air tebu, maka tubuh akan terhidrasi kembali, dan pada akhirnya bahaya batu ginjal dapat teratasi dengan bantuan air tebu.
  • Membantu Memperlancar Peredaran Darah
Air tebu juga memiliki kandungan zat besi. Makanan yang mengandung zat besi pada gula tebu ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan memberikan efek yang sangat baik bagi tubuh kita. hal ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. anda juga akan lebih mudah terhindar dari gejala penyumbatan pembuluh darah, serta berbagai gangguan kesehatan lainnya yang muncul karena peredaan darah yang tidak lancar.
  • Mencegah Kanker
Ternyata, air tebu juga memiliki manfaat lainnya yang tidak kalah penting. Ya, beberapa penelitian menyebutkan bahwa ternyata air tebu memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah kanker. air tebu mampu menghambat dan juga mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh kita, sehingga penyebaran kanker dapat dicegah dengan baik oleh air tebu.
  • Mengembalikan Kadar Air Pada Tubuh
Bagi anda yang mengalami dehidrasi, atau mungkin berpuasa sehari penuh, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi air tebu. Ya, air tebu, dengan pemanis alami mampu untuk membantu meningkatkan kandungan atau kadar air di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan anda dari dehidrasi yang menggangu kesehatan anda.
  • Aman Untuk Penderita Diabetes
Penderita diabetes memang harus memilih sumber energi atau sumber manis dengan hati-hati. Gula tambahan dan semua jenis gula yang menyebabkan kadar gula tinggi tentu sangat dilarang. Tapi air dari gula tebu ternyata sangat bagus untuk penderita diabetes. Gula alami pada air tebu bisa menurunkan kadar gula darah karena kandungan glikemik gula yang sebenarnya lebih rendah daripada gula olahan lain.
  • Mencegah Penyakit Infeksi Lambung
Air tebu memang mengandung kalium dalam jumlah yang sangat tinggi. Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk mengendalikan otot dan syaraf serta menjaga kondisi kesehatan agar tetap baik. Kalium yang ditemukan pada air tebu bisa mencegah berbagai jenis infeksi yang bisa terjadi pada lambung. Bahkan bisa mengatasi beberapa keluhan pencernaan seperti diare atau sembelit.
  • Memulihkan Kekurangan Vitamin
Khasiat air tebu lainnya adalah mampu untuk memulihkan kekurangan vitamin di dalam tubuh. Kandungan mineral dan juga rasa segar yang ada pada air tebu mampu untuk membantu tubuh kita yang kekurangan vitamin, agar cepat pulih dari gejalaa kekurangan vitamin. Namun demikian, untuk memaksimalkan hal ini, maka kita juga tetap harus membantunya dengan cara mengkonsumsi bahan makanan kaya akan vitamin.
  • Kaya Kalsium dan Kalium
Air tebu juga memilki kandungan kalium dan juga kalsium yang tinggi. Makanan yang mengandung kalium dan kalsium ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Karena akan membantu menjaga asupan makanan yang mengandung kalsium dan kalsium yang diperlukan tubuh sehari-hari.
  • Menyembuhkan Flu dan Pilek
Selain itu, air tebu juga memilki manfaat lainnya yang baik untuk menyembuhkan penyakit batuk dan pilek. Bagi anda yang mungkin sering mengalami gangguan flu dan juga pilek ini, cobalah untuk meminum air tebu. Kandungan dalam air tebu baik untuk membantu menyembuhkan dan juga meringankan gejala pilek dan juga flu.
  • Mencegah Kerusakan Gigi
Kandungan mineral yang sangat tinggi dalam air tebu sangat efektif untuk mengatasi kerusakan gigi dan bau mulut. Mineral banyak dibutuhkan oleh gigi untuk memperkuat struktur gigi dan juga meningkatkan enzim khusus yang bisa mencegah bau mulut. Bahkan jika diminum secara teratur maka bisa meningkatkan kesehatan gigi dan membuat gigi menjadi lebih putih.

Posting Komentar