Manfaat Daging Ayam Baik Bagi Tubuh

Ayam adalah hewan unggas yang paling umum di seluruh dunia, dan telah diternakkan dan dikonsumsi sudah selama ribuan tahun lalu. Hingga abad ke-19, ayam masih hanya dipelihara di rumah tangga, dengan tujuan untuk daging serta diambil telurnya. Dan pada akhir dari ke-19 dan awal abad ke-20, peternakan ayam rumahan menjadi cikal bakal peternakan ayam untuk tujuan bisnis, karena permintaan pasar yang terus meningkat.
Daging ayam merupakan sumber protein tinggi, yang sangat diperlukan untuk sejumlah fungsi penting dalam tubuh. Protein juga penting untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain kaya protein, ayam juga mengandung banyak vitamin dan mineral.
Kandungan Gizi:
Menurut USDA, 100 g ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K

Manfaat Bagi Tubuh:
1.    Menghilangkan Stress
Daging ayam memiliki kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat, zat yang dapat memberikan efek tenang pada syaraf manusia. Waktu anda stress ada baiknya mencoba hidangan daging ayam yang lezat sebagai menu yang bermanfaat ganda.

2.    Mengurangi Resiko Radang Sendi (arthritis)
Daging ayam memiliki kandungan mineral yang dinamakan Selenium, zat ini dapat membantu mencegah pengembangan radang sendi, terutama bagi anda yang sudah ‘berumur’.

3.    Mengontrol Tekanan Darah
Konsumsi ayam telah ditemukan juga berguna dalam mengontrol tekanan darah. Hal ini diamati pada orang dengan gangguan hipertensi. Meskipun begitu, diet juga harus terdiri dari kacang-kacangan, produk diet rendah lemak dengan sayuran dan buah-buahan.

4.    Memperkuat Tulang
Tak perlu diragukan lagi bahwa daging ayam dapat menambah masa otot sekaligus juga meningkatkan berat badan. Mereka yang melakukan pembentukan otot melalui gym, biasanya akan disarankan oleh pelatihnya untuk mengkonsumsi daging ayam dengan cara direbus saja. Memang mungkin rasanya akan agak aneh untuk mereka yang belum terbiasa, akan tetapi rebusan daging ayam ini akan membantu menaikkan masa otot dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Dan tentu saja perlu diingat untuk membeli daging ayam tanpa lemak.

5.    Mengurangi Resiko Kanker
Studi telah menemukan bahwa pada pemakan non-vegetarian, konsumsi daging merah, daging babi / ham yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Sedangkan pada ayam dan ikan,  risiko mengembangkan kanker kolorektal akan diturunkan di kemudian hari. Penelitian menunjukkan bahwa makan daging ayam menempatkan risiko yang lebih rendah,  daripada makan daging merah, meskipun bukti-bukti yang ada tidak begitu meyakinkan.

6.    Mengurangi resiko Penumpukan Kolesterol
Jumlah lemak jenuh dan kolesterol yang ditemukan dalam daging merah seperti daging sapi, babi dan domba jauh lebih tinggi daripada apa yang ditemukan dalam daging ayam, ikan dan sayuran. Dengan demikian, American Heart Association telah menyarankan untuk mengkonsumsi ayam atau ikan sebagai pengganti daging merah,  untuk menurunkan resiko perkembangan penyakit jantung,  kolesterol dan lainnya. AHA juga mengatakan bahwa konsumsi ayam atau ikan juga harus dibatasi, karena konsumsi yang lebih tinggi juga dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung.

7.    Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Kandungan vitamin B6 (vitamin B kompleks) berfungsi untuk mendorong enzim dan proses metabolisme tubuh yang efeknya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori yang cepat sehingga dapat menjaga berat badan.

8.    Mencegah Serangan Jantung
Apabila dimasak dan dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, daging ayam dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

9.    Menjaga Kekuatan Gigi
Ayam mengandung zat fosfor yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang sehingga dapat membantu memperkuatnya hingga tua nanti.

10.    Meringankan Gejala Flu
Sup ayam hangat juga dapat membantu meringankan  pilek, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.bisa sembuh dengan memakan hidangan tersebut, karena kandungan yang berada pada daging ayam bisa menjaga setamina tubuh.

11.    Penting Untuk Pertumbuhan Anak
Selain itu, kandungan fosfor dan kalsiumnya juga sangat berguna bagi tubuh kita terutama bagi pertumbuhan anak. Kenapa? Karena dua zat penting ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan memperkuatnya, sehingga tidak hanya baik untuk anak tapi juga untuk Anda. Dalam hubungannya dengan pria dan organ reproduksinya, daging ayam juga baik dikonsumsi pria untuk meningkatkan salah satu hormonnya yaitu hormone testosterone.

12.    Meningkatkan Nafsu Makan
Lezatnya daging ayam yang diolah menjadi berbagai macam hidangan mulai dari rendang ayam, sup, sate, dan lainnya mungkin akan menunda diet anda. Terlebih untuk memancing nafsu makan anak, ayam sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makannya.

Posting Komentar