Khasiat Dan Manfaat Daun Salam

Daun salam biasanya menjadi salah satu bumbu penyedap bagi masakan. Daun salam biasanya dicampurkan pada masakan dalam bentuk kering ataupun masih segar. Salam memang menjadi teman dapur bagi ibu rumah-rumah tangga, namun daun salam merupakan tanaman herbal yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan sebagai tanaman obat, bahkan untuk kecantikan. Berikut Ini beberapa diantaranya :
Kandungan Daun Salam:
Vitamin C – Daun salam merupakan sumber yang kaya manfaat vitamin C. 100 gram daun salam segar menyediakan sekitar 46,5 mg vitamin ini, yang setara dengan 77,5% kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).
Vitamin A – Daun salam merupakan sumber manfaat vitamin A yang sangat baik dan menyediakan sekitar 6.185 IU (International Unit) atau 206% dari asupan harian vitamin ini.
Asam Folat – Daun salam mengandung asam folat, setiap 100 gram daun salam menyediakan sekitar 180 mg atau 45% dari asupan harian.
Mineral – Daun salam sangat kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium. Kalium adalah sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh, untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung. ,Mangan dan tembaga digunakan tubuh sebagai faktor co enzim.

Manfaat Daun Salam:
  • Mengobati Sakit Mata
Mata merupakan pelita kehidupan. Banyak orang yang sangat berhati-hati dengan perihal mata. Berbagai penyakit tentang mata bisa sangat menganggu diri kita. Salah satunya adalah sakit mata. Bagi kita yang terlanjur terkena penyakit sakit mata, bisa mencoba menyembuhkannya dengan cara mengusapkan air rebusan daun salam ke mata kita. Terus lakukan ini hingga mata kembali normal alias sembuh.
  • Menurunkan Kolesterol
Siapa yang tidak takut dengan kolesterol yang dijamin akan membuat beragam penyakit susulan dating dan menggerogoti kesehatan kita? Daun salam ternyata manjur untuk membantu menurunkan kolesterol lho. Daun salam dapat digunakan dengan cara direbus. Air rebusan menggunakan 3 gelas air yang direbus hingga menjadi 1 gelas air saja. Jumlah daun salam yang digunakan antara 10 sampai 15 lembar. Minum rebusan daun salam ini 2 kali sehari. Niscaya penyakit kolesterol akan lari dari hidup kita.
  • Mencegah Kencing Manis
Kencing manis adalah penyakit yang menjadi pembukaan dari diabetes. Atau bisa juga diabetes baru kencing manis. Penyakit akibat asupan gula ini ternyata sanggup diredam dengan daun salam. Caranya adalah dengan meminum rebusan daun salam secara rutin.
  • Menurunkan Asam Urat
Penyakit asam urat adalah penyakit yang sangat menyiksa. Di samping rasanya yang nyeri, penyakit ini juga menganggu pekerjaan harian kita karena sakitnya itu. Cara menguranginya adalah dengan menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh kita. Ini bisa dilakukan dengan mudah ternyata dengan daun salam. Daun salam kering sejumlah 10 lembar cukup direbus dengan 10 gelas air. Rebus sejumlah air tersebut hingga susut menjadi 7 gelas saja lalu minum secara rutin 2 kali sehari.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)
Darah tinggi (hipertensi) adalah penyakit yang berbahaya karena pola makan, kegiatan, dan juga emosi harus sangat dijaga. Sayangnya, semua itu hanya penjagaan untuk kehidupan sehari-hari saja namun tidak ada yang bisa signifikan. Alhasil, banyak orang beralih dengan meminum beragam ramuan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan juga dalam jangka panjang. Penggunaan daun salam bisa diterapkan. Caranya adalah dengan meminum rebusan daun salam. Rebusan daun salam digunakan dengan mencampurkan 7 hingga 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Susutkan air hingga 1 gelas saja. Lalu, minum ½ gelas sekali minum. Lakukan rutinitas 2 kali sehari dalam minum rebusan daun salam ini.
  • Mempengaruhi Kardiovaskuler
Senyawa yang berharga seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien yang kuat dalam daun salam, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke. Flavanoid  membantu menormalkan darah pada penderita hipertensi. 10 lembar daun salam di cuci bersih, kemudian rebus daun salam dengan tiga gelas air. Minum selagi hangat satu kali dalam sehari.
  • Pencegahan Kanker
Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang memiliki sifat perlindungan dan memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Daun salam juga salam mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide dan telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel kanker serviks.
  • Pengobatan Batuk
Daun salam yang efektif memerangi gejala pilek, flu dan infeksi. Dalam kasus gangguan pernafasan, rebus air dan tambahkan 2 sampai 3 lembar daun salam. Biarkan menguap selama 10 menit. Rendam kain dalam air ini dan letakkan di dada untuk meringankan flu, pilek dan batuk.
  • Pengobatan Gangguan Ginjal
Daun salam akan membantu mengobati infeksi ginjal, bahkan batu ginjal. Resep pengobatan ini hanya dengan mendidihkan 5 gram daun salam dan 200 ml air sampai 50 ml air. Saring dan minum ramuan ini dua kali sehari, untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.
  • Mengobati Maag Akut
Untuk anda yang menderita maag, manfaat daun salam dapat menjadi obat alami penyakit tersebut. Cuci bersih 15 – 20 lembar daun segar. Rebus dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau (aren) secukupnya. Setelah air rebusan dingin, minum airnya sebagai teh herbal. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.
  • Menyembuhkan Gangguan Pencernaan
Pencernaan sangat penting untuk proses mendapatkan energi di kehidupan kita sehari-hari. Gangguan pencernaan berarti gangguan tentang penyerapan sari-sari makanan. Bisa jadi kesalahan berasal dari makanan itu sendiri. Gangguan pencernaan antara lain: sembelit dan diare. Keduanya sangat menyiksa. Tapi tidak tatkala meninum rebusan daun salam. Rebusan daun salam yang sudah susut diberikan sedikit garam. Setelahnya, minum saat diare atau sembelit menyerang pencernaan kita. Niscaya pencernaan akan lebih enak dan penyakit tersebut lambat laun sirna juga. Artikel terkait khasiat daun kelor.
  • Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe
Air bilasan yang terbuat dari daun salam, efektif dalam mengobati ketombe. Daun salam dianggap sebagai obat yang bagus untuk rambut rontok. Minyak daun salam berguna sebagai tonik untuk rambut yang efektif memerangi ketombe dan rambut rontok.
  •  Menyingkirkan Kutu Rambut
Untuk menyingkirkan kutu rambut, rebus sekitar 50 gram daun salam dengan 400 ml air sampai 100 ml air. Saring air untuk menerapkan ramuan ini pada akar rambut. Biarkan selama 3 sampai 4 jam dan bersihkan, untuk menyingkirkan kutu kepala secara efektif

Posting Komentar