Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan Luar Biasa

Rumput laut sudah dikenal sebagai bahan obat-obatan pada abad 16 silam, dan dipercaya rumput ini sebagai sumber makanan kaum Aztec dan Mesoamericans. Manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh manusia menjadi mendorong utama dalam pembudidayaan rumput ini.
Kandungan Gizi Rumput Laut
•    Nilai Nutrisi 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan sirip ikan Hiu
•    Setiap satu ons Kandungan Kollagennya sama dengan 2 keping sarang burung walet
•    Mempunyai PH 7,6
•    Kandungan kalsium yang terdapat dalam rumput laut 37 lebih tinggi di bandingkan dengan hati ikan
•    Antioksidan 550 kali lebih kuat daripada Vitamin C
•    Rumput Laut mempunyai kandungan 40 kali lipat Vitamin A dibandingkan dengan
•    Beta Cartine atau 638kali lebih tinggi daripada daging sapi.
•    Kandungan protein yang terdapat di dalamnya 21 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan susu
•    Kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang terdapat didalamnya 2326 lebih banyak daripada ikan.
•    Kandungan mineralnya lebih banyak jika dibandingkan dengan sayur daratan di antaranya Kalsium, Kalium, Zat besi, Magnesium, Iodine, Potasium, Vitamin B6, B12, C ,A, Omega 3 dan Antioksidan.

Manfaat Rumput Laut Yang Perlu Diketahui
1. Mencegah Kanker
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam rumput laut sangat berfungsi sekali sebagai penangkal sel kanker pada tubuh Anda. Selain itu kandungan vitamin C dalam rumput laut juga dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit Anda yaitu membuat kulit tampak lebih cerah dan lembab.

2. Menjegah Tulang Keropos
Rumput laut banyak mengandung kalsium yang lebih banyak dibanding dengan susu. Dengan begitu, hal ini dapat memberikan solusi bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi susu dapat menggantinya dengan rumput laut untuk menjaga tulang Anda tetap sehat. Sehingga Anda akan terhindar dari resiko tulang keropos atau osteporosis.

3. Menjaga Kesehatan Dan Jantung
Rumput laut banyak mengandung serat, makanya tidak heran jika tanaman ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Karena dengan adanya serat pencernaan akan lebih lancar, selain itu juga bisa melakukan detoks terhadap sampah yang mengendap di dalam usus dan mampu menurunkan kolesterol. Kemampuan ini membuatnya mampu menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan diri kita dari penyakit kardiovaskuler. Rumput laut ini juga mengandung folat yang dapat mencegah terjadinya penumpukan homosistein untuk menghindari penyakit jantung. Ada juga protein yang membuat perut kenyang lebih lama sehingga ini sangat cocok bagi anda yang saat ini sedang menjalankan program diet.

4. Mencegah Anemia
Rumput laut sangat bermanfaat untuk membantu mencegah anemia. Hal itu dikarenakan oleh kandungan mineral yang membantu menstabilkan sel darah dan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh Anda. Maka dengan begitu Anda akan terhindar dari penyakit anemia, dengan cukup mengonsumsi 200 gram rumput laut perhari.

5. Dapat Membantu Pengaturan Hormon
Didalam rumput laut terkandung vitamin K yang tinggi, hal ini dapat membantu kinerja kelenjar adrenal berfungsi dengan baik sehingga dapat menyeimbangkan hormon. Rumput laut yang banyak mengandung vitamin K adalah jenis wakame, nori, kombu dan bladderwrack.

6. Dapat Meningkatkan Kesuburan
Seperti kita ketahui rumput laut banyak memiliki nutrisi penting, yang ternyata juga sangat baik untuk kesuburan suami istri. Hal ini dikarenakan kandungan yodium, seng, selenium dan magnesium yang tinggi yang terdapat didalam rumput laut.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat rumput laut yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang adalah sebagai sumber alami dalam meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Rumput laut bisa memproduksi antibodi, cytokines dan sel-sel lainnya yang berperan penting dalam meningkatkan ketahan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit yang menyerang.

8. Menurunkan Berat Badan
Ternyata mengkonsumsi rumput laut dengan rutin juga bagus dalam mengontrol berat badan. Kandungan serat pangan dan bebas lemak dari tanaman ini bagus dalam menjaga tubuh tetap ideal. Mengkonsumsi rumput laut yang banyak serat akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehinga anda tidak terstimulasi untuk mengkonsumsi nasi atau makanan lainnya. Anda yang sedang menjalankan program diet, coba campurkan rumput laut sebagai makanan anda.

9. Sebagai Pengganti Garam
Manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah berfungsi sebagai pengganti garam. Dengan menambahkan rumput laut dalam masakan maka bisa memberikan rasa, sehingga bisa menggantikan garam. Dengan cara ini anda bisa terhindari dari resiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan jantung yang biasanya berawal dari banyak mengkonsumsi garam.

10. Mempercepat Kesembuhan Luka
Rumput laut banyak mengandung vitamin C yang bagus dalam menjaga kesehatan gigi, gusi, tulang serta menjaga kesehatan kulit. Sehingga dengan banyak mengkonsumsi rumput laut, luka akan cepat sembuh dan cepat teratasi. Baca juga 'manfaat rumput laut bagi kesehatan kulit'.

11. Mengatasi Alergi
Rumput laut juga dapat melawan reksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.

Manfaat Rumput Laut Kecantikan Kulit
1. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam rumput laut dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit dari bahaya radikal bebas, seperti mencegah terjadinya penuaan dini, dan timbulnya flek hitam di wajah.

2. Mengatasi Kulit Kering
Jika anda memiliki jenis kulit kering, mengkonsumsi makanan rumput laut dapat membantu mengatasi masalah kulit anda. Kulit kering di akibatkan karena tubuh kekurangan asam lemak dan rumput laut merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung asam lemak, sehingga dapat memberikan nutrisi yang di butuhkan untuk kulit anda..

3. Perawatan Kulit Wajah
Selain untuk di konsumsi, rumput laut juga bisa di manfaatkan untuk masker dan scrub perawatan kulit. Berberapa manfaat dari masker dan scrub rumput laut yaitu dapat mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit baru sehingga dapat membuat kulit menjadi halus dan lembut. Selain itu masker dan scrub rumput laut juga dapat membuat kulit tampak segar, dan mengatasi masalah jerawat di wajah.


Berikut adalah cara membuat masker rumput laut seperti dikutip dari pakar kecantikan dan diterbitkan dalam sebuah jurnal.
Siapkan bahan dan peralatan

  • Satu sendok makan rumput laut
  • Satu sendok teh madu
  • Satu sendok teh lidah buaya
  • Dua sendok makan air hangat
  • Satu buah mangkuk



Langkah Pembuatan:
1. Masukkan rumput laut ke dalam blender dan nyalakan, tunggu sampai benar-benar halus kemudian pindahkan ke dalam mangkuk. Campurkan madu, lidah buaya dan air hangat lalu aduk sampai menjadi pasta.
2. Madu dan lidah buaya digunakan dengan tujuan untuk menguatkan daya lembab dan meningkatkan perlindungan kulit terhadap bahaya sinar matahari dan radikal bebas.
3. Setelah pasta tersebut kita dapatkan, oleskan secara merata ke semua bagian wajah kecuali kelopak mata. Gunakan irisan mentimun untuk melindungi bagian mata.
4. Tunggu selama 20 menit untuk memastikan semua yang terkandung di dalamnya dapat meresap ke dalam pori-pori kulit, setelah mengering bilas dengan air sampai bersih lalu keringkan dengan handuk.
5. Gunakan masker ini dua kali seminggu sebagai bagian dari perawatan kulit agar kulit senantiasa lembut dan terhindar dari semua bahaya yang mungkin menimpanya.

 

Posting Komentar