Manfaat Air Beras Yang Tidak Diketahui

Beras merupakan makanan pokok bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia, apalagi kebanyakan diantara masyarakatnya juga berprofesi sebagai petani. Kandungan gizi yang ada di dalam beras sendiri memang cukup banyak, mulai dari karbohidrat dan bahan-bahan tambahan lainnya. Bukan hanya berasnya saja yang bermanfaat untuk kita, namun juga air bekas cuciannya atau dikenal dengan nama air tajin. Sebagian banyak orang mungkin menganggap air bekas cucian beras tersebut sebagai limbah yang harus dibuang. Selain karena kotor jika dibiarkan dalam waktu lama juga menimbulkan bau yang kurang sedap. Padahal ternyata manfaat yang terkandung di dalamnya air beras tersebut sangatlah banyak. Berikut adalah manfaat air beras yang harus kita ketahui:

1. Pengganti Air Susu
Seberapa orang khususnya golongan berpenghasilan kecil menggunakan air cucian beras yang sudah direbus atau yang lebih dikenal dengan nama tajin sebagai makanan pengganti susu, bukan tanpa alasan jika khasiatnya cukup besar, meskipun juga ada yang menggunakan air cucian beras tersebut sebagai pakan ternak, hasilnya tak kalah dengan ternak yang makan dadak tiap harinya.

2. Sakit Tengorokan
Nah masih terkait dengan  panas dalam, anda yang mengalami sakit tengorokan juga dapat memanfaatkan air beras. Air beras yang anda minum sangat ampuh untuk mengobati sakit tengorokan, meredakannya dan mengurangi rasa sakit. Cara penggunaannya juga hampir sama, yaitu meminum air cucian berasnya.

3. Mencerahkan Wajah
Bagi yang memiliki kulit wajah kusam dan juga berjerawat tak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk perawatan ke dokter kecantikan maupun menggunakan produk-produk yang belum tentu aman, cukup menggunakan air cucian beras tersebut untuk mencuci muka secara teratur maka secara bertahap kulit wajah akan tampak lebih bersih dan cerah.

4. Mengatasi Komedo
Untuk mengatasi komedo yang membandel, gunakan air beras yang suam-suam kuku untuk membilas wajah Anda, lalu biarkan hingga kering. Setelah itu, gunakan handuk lembut untuk menggosok komedo dari hidung Anda.

5. Mengencangkan Kulit
Salah satu manfaat air beras untuk kulit Anda adalah membantu dalam mengencangkan kulit yang mulai mengendur terutama bagi Anda yang telah menjalani diet dan mengalami penurunan berat badan.

6. Mengurangi Keriput
Ketika keriput mulai muncul di sudut mata Anda, segeralah mengatasinya dengan menggunakan air beras. Namun, dalam kasus ini, Anda harus menggunakan air yang berasal dari nasi.

7. Melembutkan Kulit
Mandi menggunakan susu tentunya sudah sering kali dilakukan, namun bagaimana dengan menggunakan air cucian beras, tentunya belum pernah ada yang mencoba bukan, padahal manfaatnya sangat baik dalam melembutkan kulit yang bersisik dan kusam. Hal ini karena air cucian beras memiliki kandungan protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan banyak vitamin.

8. Mengontrol Kelebihan Minyak
Memiliki kulit berminyak memang sangat rentan terhadap masalah-masalah baru misalkan saja jerawat. Namun untuk mengatasinya juga tergolong mudah dan murah, cukup menggunakan air cucian beras tersebut untuk mencuci muka tiap pagi hari secara teratur, lama kelamaan kontrol minyak menjadi normal dan kulit menjadi lebih putih.

9. Menghilangkan Flek Hitam dan Jerawat
Air beras mampu juga menghilangkan bahkan menangkal timbulnya jerawat pada muka kita yg sering terkena langsung debu dari udara

Berikut ini langkah-langkahnya menggunakan air beras pada wajah:
 
1. Pertama, isi satu cangkir dengan beras. Lalu, cuci sebentar dan cepat sehingga debu dan kotoran dari beras dapat menghilangkan dan buang airnya.
2. Kemudian, tambahkan air segar kembali dan aduk-aduk dengan tangan. Diamkan selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras masuk ke dalam air.
3. Langkah ketiga adalah pisahkan air dari beras, lalu basuh wajah dengan air tersebut. Pijat lembut dengan jari-jari selama 6 menit.
4. Bilas dengan air bersih, keringkan dengan handuk nan lembut sambil menepuk-nepuk kulit.

10. Mengatasi Rambut Rusak
Bagi yang senantiasa menggunakan produk yang belum jelas kandungannya, bahkan yang sering kali melakukan catok, mewarnai hingga menggunakan hairdryer terkadang kerusakan mudah sekali terjadi para rambut, Anda bisa mengatasinya menggunakan cara yang mudah dan murah tanpa harus ke salon, yaitu cukup menggunakan air cucian beras untuk keramas.

11. Menghilangkan Ketombe
Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang biasanya dialami oleh hampir semua orang. Untuk mengurangi produksi ketombe, membilas rambut dengan air beras akan menjadi cara yang efektif.

12. Membuat Rambut Berkilau
Agar rambut Anda berkilau alami, ikuti tips sederhana berikut. Buatlah campuran yang terdiri dari air beras dan air mawar, lalu bilaskan pada rambut Anda. Setelah selesai, tempatkan tutup plastik di kepala Anda. Setelah 20 menit, angkat penutup dan bilas dengan baik.

13. Membasmi Kutu
Selain dapat menghilangkan ketombe, air beras juga terbukti mampu menyingkirkan kutu rambut. Pati yang hadir dalam air beras akan membunuh kutu langsung bersama dengan telurnya.

14. Mengurangi Kerontokan Rambut
Memiliki rambut yang tipis tentunya akan membuat rasa percaya diri semakin turun, apalagi ditambah dengan masalah seperti kerontokan, tak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan cara yang begitu sederhana, yaitu menggunakan air cucian beras untuk keramas, gunakan secara teratur selama beberapa menit lalu cuci menggunakan shampo hingga benar-benar bersih, manfaatnya dapat menguatkan akar rambut.

15. Memutihkan Kulit Tubuh
Mungkin anda telah mengenal manfaat mandi susu dan minyak zaitun yang berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit tubuh dan memutihkannya. Nah, khasiat air beras ternyata tak kalah dengan susu dan minyak zaitun. Caranya pun mudah dan tentunya lebih murah.

Berikut adalah cara untuk mennggunakan air beras yang bisa anda aplikasikan untuk merawat rambut:
1. Pertama, keramas terlebih dahulu menggunakan shampo seperti biasa anda hendak keramas, setelah itu bilas dengan air bersih.
2. Setelah dibilas dengan air, kemudian siramkan air beras pada rambut secara menyeluruh.
3. Kemudian diamkan selama kurang lebih 3 menit, selama menunggu berikan pijatan pada kulit kepala dengan lembut, hal ini berfungsi untuk membuka pori-pori pada kulit kepala agar manfaat air beras bisa bekerja secara optimal.
4. Setelah itu, baru bilas kembali dengan air bersih hingga benar-benar bersih

Posting Komentar