Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Keju dikenal hampir di seluruh dunia, namun diduga pertama kali dikenal didaerah timur tengah. Meskipun tidak dapat dipastikan kapan keju pertama kali ditemukan, Tetapi menurut legenda, makanan ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara dari arab. Keju merupakan salah satu produk dari susu yang sudah mengalami fermentasi sehingga mengeras. Keju memiliki rasa manis dan gurih, sehingga memiliki banyak penggemar. Keju memiliki berbagai macam jenis dan dari semua jenis keju tersebut memiliki manfaat yang besar bagi tubuh karena kandungannya.
Kandungan gizi keju:
Energi Keju = 326 kkal
Protein Keju = 22,8 gr
Lemak Keju = 20,3 gr
Karbohidrat Keju = 13,1 gr
Kalsium Keju = 777 mg
Fosfor Keju = 338 mg
Zat Besi Keju = 2 mg
Vitamin A Keju = 750 IU
Vitamin B1 Keju = 0,01 mg
Vitamin C Keju = 1 mg
Manfaat keju bagi kesehatan:
1. Kesehatan Gigi
Keju sangat-sangat tinggi kandungan kalsium, yang pertama dan terpenting dibutuhkan untuk gigi yang kuat. Selain itu, keju sangat rendah kadar laktosa. Semakin tua keju, semakin rendah kadar laktosa. Laktosa adalah bentuk lain dari  gula (glukosa, maltosa atau laktosa) , yang umumnya bisa merugikan gigi.

2. Kesehatan Tulang
Selain memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, keju juga kaya akan vitamin B, yang sangat baik untuk anak-anak, perempuan (terutama untuk hamil dan menyusui) dan orang tua (baik juga bagi orang dewasa), untuk pembentukan dan penguatan tulang dan tulang rawan. Vitamin B juga berguna untuk membantu penyerapan dan peredaran kalsium.

3. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit pengeroposan tulang, terutama disebabkan karena kekurangan kalsium, yang mengakibatkan penurunan kepadatan tulang. Terutama hal ini terlihat pada wanita yang mengalami menopause, orang tua dan anak-anak yang menderita gizi buruk. Penyakit tulang keropos ini dapat diobati dengan protein, kalsium dan vitamin. Hanya kalsium saja tidak akan banyak membantu, karena masalahnya penyerapan kalsium masih membutuhkan peran nutrisi lain untuk pembentukan tulang. Dan banyak nutrisi yang saling mendukung banyak ditemukan dalam keju. Jadi, keju bisa menjadi bagian yang ideal dari diet osteoporosis.

4. Mencegah Kanker
Manfaat keju juga dapat mencegah timbulnya penyakit kanker. Sebab keju memiliki kandungan konjugasi asam sphingolipids dan linoleic yang dapat mencegah kanker.

5. Menambah Berat Badan
Keju merupakan makanan yang sangat baik untuk menambah berat badan, cocok bagi orang kurus yang ingin gemuk. Ini karena keju penuh protein, lemak, kalsium, vitamin dan mineral. Anda butuh protein untuk otot, lemak untuk lemak, kalsium untuk  tulang yang lebih berat dan lebih kuat, serta vitamin dan mineral untuk metabolisme tubuh yang lebih baik. Anda hanya perlu untuk makan banyak keju, melakukan latihan dan tidur nyenyak.

6. Mencegah Penyakit Beri-beri
Keju dapat mencegah penyakit beri – beri. Hal ini karena keju memiliki kandungan vitamin B yang tinggi akibat proses fermentasi. Selain itu, vitamin B juga dapat menjaga kesehatan fungsi saraf pada otak.

7. Mengatasi Masalah Haid
Buat para cewek yang sedang mengalami masalah ketika menstruasi atau haid, kamu bisa mulai mengkonsumsi keju secara teratur. Kandungan kalsium dalam keju memicu kontraksi pada rahim yang akan memperlancar proses pengeluaran kotoran dari dalam rahim sehingga menstruasi kamu menjadi lebih lancar.

8. Menyehatkan Kulit dan Rambut
Mengkonsumsi keju bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut kita. Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam keju baik untuk pertumbuhan rambut dan menjadikan kulit lebih terlihat lembut.

9. Menyamarkan Lingkar Hitam Pada Mata
Lingkar hitam pada mata selalu mengganggu penampilan. Meskipun penyebab dari masalah ini adalah kurang tidur, alergi, atau gen, aliran darah yang tidak lancar terkadang bisa memicu lingkar mata. Coba konsumsi makanan vitamin A atau suplemen untuk menyamarkan lingkar hitam pada mata yang mengganggu.

10. Menjaga Keelastisan Kulit
Keriput dan kulit melorot adalah tanda bahwa kulit kehilangan keelastisannya. Biasanya wajah adalah lokasi yang menunjukkan tanda-tanda penuaan tersebut. Demi menjaga keelastisan kulit, konsumsi vitamin K secara rutin setiap hari.

11. Menghilangkan Bekas Luka
Vitamin K juga sudah terbukti ampuh menghilangkan bekas luka, baik memar, tergores, bahkan luka bakar ringan. Entah itu dalam bentuk krim atau makanan, vitamin K membantu kulit sembuh lebih cepat karena mengurangi inflamasi yang terjadi.

Berikut adalah cara membuat masker keju untuk wajah:
Bahan yang dibutuhkan
•    Satu sendok teh keju
•    Satu sendok teh oatmeal
•    Satu sendok teh madu
•    mangkuk
Langkah-langkah:
1. Masukkan semua bahan di atas ke dalam blender sampai semuanya benar-benar halus dan merata, setelah halus kemudian tuangkan tuangkan ke dalam mangkuk.
2. Terlebih dahulu pembersih wajah kita dengan air, keringkan dan setelah itu mulailah untuk mengoleskan masker keju secara merata.
3. Diamkan selama 10 sampai 20 menit lalu bersihkan dengan air, pastikan semua noda masker terangkat secara sempurna dan keringkan dengan kain lembut.

Posting Komentar